Breaking News:

Hari Kemerdekaan RI

HUT ke-76 RI di Kabupaten Serang Hanya Boleh Gelar Upacara Bendera, Perlombaan Ditiadakan

Hal ini karena kasus Covid-19 masih tinggi dan wilayah Kabupaten Serang masuk kategori Level 3 penyebaran kasus Covid-19.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Qodir
Dok. Setneg/Biro Pers Setpres
Para mantan presiden dan wakil presiden RI serta duta besar negara sahabat mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia secara virtual, pada Senin (17/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemerintah Kabupaten Serang hanya mengizinkan upacara pengibaran bendera Metah Putih pada peringatan HUT ke-76 RI pada Selasa, 17 Agustus 2021. Adapun perlombaan Agustusan yang biasa meramaikan peringatan HUT RI, ditiadakan.

Hal ini karena kasus Covid-19 masih tinggi dan wilayah Kabupaten Serang masuk kategori Level 3 penyebaran kasus Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, mengatakan kebijakan pelarangan perlombaan Agustusan ini untuk mencegah terjadinya kerumunan warga.

"Untuk lomba-lomba tidak ada, lebih baik menyaksikan upacara pengibaran bendera yang digelar di istana negara melalui siaran televisi ataupun media sosial," katanya saat ditemui di lapangan Pemkab Serang, Jumat (6/8/2021).

Pemkab Serang sendiri hanya akan menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Pendopo Bupati Serang dengan jumlah peserta terbatas.

Baca juga: Pelaksanaan Peringatan HUT ke-76 RI di Kota Serang Masih Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat

Sejumlah persiapan telah dilakukank di antaranya latihan dari para pasukan pengibar bendera (paskibra) peringatan HUT RI nanti di lapangan Pendopo Bupati Serang.

"Meski sedang PPKM, (upacara peringatan HUT RI) ini tidak akan dihilangkan, karena kita mengejar subtansinya saja, tapi seremonialnya kita kurangin, disesuaikan dengan aturan PPKM saat ini," jelasnya di sela memantau latihan paskibra upacara peringatan HUT ke-76 RI.

Upcara peringatan HUT ke-76 RI di halaman Pendopo Bupati Serang pada 17 Agustus 2021 hanya akan dihadiri pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Serang.

Baca juga: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Bawa Pulang Emas, Presiden Jokowi : Ini Kado Ulang Tahun Kemerdekaan

"Nanti (lokasi upcara) akan ditutup juga, tidak boleh ada pedagang dan masyarakat yang ikut serta agar tidak terjadi kerumunan," tandasnya.

Ia pun menuturkan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI di halaman Pendopo Bupati Serang mulai dilakukan sejak terjadinya pandemi Covid-19 pada tahun lalu.

Sebelumnya, upacara peringatan HUT RI dilakukan di Alun-alun Kramatwatu.

Pemindahan lokasi ini bertujuan untuk melokasir peserta upacara sehingga tidak mengundang kerumunan.

Baca juga: Ada Kemiripan, Logo HUT ke-14 Kota Serang Diduga Plagiat, Ini Kata Pembuat Logo HUT 143 Pandeglang

Entus pun menilai peringatan HUT RI sebagai momentum bangsa Indonesia lepas dari penjajahan atas perjuangan para pahlawan.

"Hari yang sangat bersejarah bagi kebangsaan indonesia karena untuk merdeka itu tidak mudah kita dapatkan perlu perjuangan para pahlawan, mulai dari tenanga bahkan nyawa banyak berjatuhan," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved