Breaking News:

Virus Corona

Ingin Vaksinasi Covid-19 tapi Tak Punya NIK? Berikut Cara Daftar dan Syarat Mendapat Vaksin

Bagi anda yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK), namun ingin vaksinasi jangan khawatir.

Editor: Glery Lazuardi
Fresh Daily
Ilustrasi vaksin virus corona 

TRIBUNBANTEN.COM - Bagi anda yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK), namun ingin vaksinasi jangan khawatir.

Anda cukup mendatangi sentra vaksinasi yang telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Di sentra vaksinasi itu akan ada petugas dari Dinas Dukcapil yang akan membuatkan NIK bagi warga yang belum memiliki.

Informasi itu disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

"Jadi, pada saat warga akan mendapatkan vaksin silakan datang ke sentra vaksinasi, kalau memang belum memiliki NIK akan dibuatkan," kata dia.

Baca juga: Mengaku Stres, Dinar Candy Minta Orang Jangan Salah Sangka: Aku Dukung Program Pemerintah & Vaksin

Baca juga: Cara Mudah Donwload Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi.id, Bisa Via Apliaksi atau SMS

Pihak Kemenkes sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan.

Surat edaran tersebut diterbitkan untuk memfasilitasi warga yang belum memiliki NIK agar tetap bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Dalam edaran itu Dinas Kesehatan di daerah dan instansi lain diharapkan melakukan koordinasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat rentan, seperti kelompok penyandang disabilitas, masyarakat adat, penghuni lembaga pemasyarakatan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB), serta masyarakat lainnya yang belum memiliki NIK.

Melalui cara itu, kata dia,warga yang belum memiliki NIK dijamin akan mendapatkan vaksin Covid-19. Bakal dilakukan pengaturan terkait pemberian vaksin tanpa NIK.

Namun, menurut dia, tak semua sentra vaksinasi bisa didatangi warga yang belum memiliki NIK. Sebabnya, tenaga yang bisa dikerahkan Dinas Dukcapil pemerintah daerah sangat terbatas.

Pihak Kemenkes akan berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil pemerintah daerah dan menyosialisasikan senyta vaksinasi yang bisa didatangi warga yang belum memiliki NIK.

"Kita akan koordinasikan dan kita akan pusatkan, khususnya bagaimana terkait pemberian NIK pada saat kita mendapatkan vaksinasi," kata Nadia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved