Breaking News:

Virus Corona di Banten

Sudah Ada 4 UDD PMI di Banten, Kini Warga Serang Penyintas Covid Dapat Langsung Donor Konvalesen

Bupati Serang Sekaligus Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa saat ini di Provinsi Banten Sudah memiliki 4 UDD PMI

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Seorang pendonor sedang dilakukan pengambilan sampel darah untuk donor konvalesen 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Bupati Serang Sekaligus Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa saat ini di Provinsi Banten Sudah memiliki 4 unit donor darah (UDD) yang sudah dapat melakukan donor plasma konvalesen.

Diantarnya yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang yang telah dimulai hari ini, Selasa (10/8/2021).

"Saya berharap dengan bertambahnya UDD di Banten dapat memenuhi donor darah konvalesen, yang saat ini kebutuhan meningkat," katanya saat memberikan sambutan, Selasa (10/8/2021).

Dan Tatu pun mengajak kepada seluruh penyitas covid-19 dapat mendonorkan darah untuk turut membantu masyarakat yang saat ini terpapar covid-19.

"Kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kampus, pimpinan rumah sakit dan klinik untuk dapat membangun dan mendata penyintas Covid-19 di kantor dan wilayahnya untuk diajak dan fasilitasi mereka mau mendonor melalui UDD PMI Kabupaten Serang dan lainya," katanya.

Ia pun menuturkan bahwa, hingga saat ini UDD di Banten sudah mendistribusikan 5.063 kantung plasma konvalesen.

Baca juga: Cerita Pendonor Plasma Konvalesen Pertama, Terharu hingga Menangis Dapat Apresiasi dari Ratu Tatu

Dengan rincian golongan darah A 1.364 kantong, B 1.422 kantong, golongan darah O 1.956 kantong, AB 3.042 kantong, pemakaian konvalesen sampai 9 Agustus golongan A 99, B 94, O 115, AB 14 total 322 Kantong.

"Kita terus sosialisasikan hal ini kepada penyitas Covid-19 karena masih banyak dari mereka belum mengetahui hal ini. Jadi semua jajaran pengurus PMI, OPD, sampai ke desa disosialisasikan," katanya.

Sementara itu, Kepala UDD Kabupaten Serang, dr Retno mengatakan bahwa sudah ada tujuh orang yang melakukan pengambilan sampel darah untuk donor plasama konvalesen, namun hanya 2 orang yang lolos ujin screening.

Baca juga: Cerita Pendonor Plasma Konvalesen Pertama, Terharu hingga Menangis Dapat Apresiasi dari Ratu Tatu

"Hari ini hanya 2 orang yang akan melakukan pengambilan darah. Dan untuk saat ini baru ada golongan darah A dan B, namun untuk O dan AB belum ada," ungkapnya.

"Baru ada penyitasnya yang sudah melakukan pengambilan sampel darah mudah-mudahan semua dapat lolos uji screening," imbuh Retno.

Selain itu, pelayanan UDD PMI dibuka selama 24 jam, dan untuk masyarakat yang ingin mendonor dapat langsung datang ke UDD Kabupaten Serang untuk diperiksa terlebih dahulu.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved