Breaking News:

Cara Kerja Modus Ganjal Mesin ATM di Tangerang, Waspadalah!

Jajaran Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap kasus pembobolan mesin ATM dengan cara diganjal di Kota Tangerang

Editor: Glery Lazuardi
Kompas Tv
Ilustrasi kejahatan mengganjal mesin ATM. 

TRIBUNBANTEN.COM - Jajaran Subdit 3 Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkap kasus pembobolan mesin ATM dengan cara diganjal di Kota Tangerang.

Para tersangka, yaitu berinisial ND, EC, R, GJ, SHW, dan E.

Baca juga: SOSOK Pelaku Pembakar Bengkel Tewaskan Satu Keluarga di Tangerang, Ternyata Dokter Wanita

Baca juga: Terungkap! Motif Pelaku Bakar Bengkel Tewaskan Satu Keluarga di Tangerang, Cinta Tak Direstui

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan para pelaku membagi peran sebelum beraksi.

Dalam menjalankan aksinya, kata dia, para tersangka mengganjal mesin ATM menggunakan tusuk gigi. Lalu, mereka bekerjasama untuk mendapat pin korban.

Tersangka itu, menentukan mesin ATM yang mudah untuk dilakukan modus kejahatan tersebut, terlebih di tempat dan saat kondisi sepi.

"Sasaran ATM yang mudah biasanya langsung diganjal dengan menggunakan tusuk gigi," kata Yusri, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (10/8/2021).

Adapun dalam proses penangkapan, para tersangka itu diamankan di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Dari kasus tersebut, terdapat 3 laporan yang diterima polisi (LP).

"Tempat kejadian perkara, yakni 2 ATM yang ada di mini market di Tangerang dan 1 ATM di Jakarta Selatan, tersangka sudah melakukan ini sebanyak 30 kali lebih dan hal ini masih didalami," tutur Yusri.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, DPRD Kota Tangerang Anggarkan Baju Capai Rp 675 Juta, Pakai Bahan Louis Vuitton

Baca juga: Diguyur Hujan Deras Semalam, Perumahan Garden City Tangerang Banjir

Dari 3 LP yang diterima, diketahui kerugian yang diterima korban masing-masing adalah Rp26 juta, Rp50 juta, dan Rp128 juta.

Dari uang yang didapatkan tersebut, Yusri mengatakan, hasilnya dibagikan oleh para tersangka itu untuk membeli emas, memenuhi kehidupan sehari-hari, dan main judi.

Akibat perkara ini, para tersangka disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Polisi Amankan 6 Tersangka Pengganjal Mesin ATM di Tangerang, Telah Beraksi 30 Kali

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved