Breaking News:

Kabar Seleb

dr Richard Lee Ditangkap Polisi Akibat Akses Ilegal di Akun Instagram, Ini Kata Ahli Telematika

dr Richard Lee ditangkap polisi akibat akses ilegal di akun Instagram serta penghilangan barang bukti.

Istimewa via Grid.id
dr Richard Lee 

TRIBUNBANTEN.COM - dr Richard Lee ditangkap polisi akibat akses ilegal di akun Instagram serta penghilangan barang bukti.

Melansir Tribunnews, pakar telematika Roy Suryo menilai penetapan tersangka Richard Lee sudah sesuai prosedur.

Roy Suryo menilai penetapan tersangka Richard Lee di kasus itu sudah tepat. (ISTIMEWA)
Mantan politisi partai Demokrat itu menyebut apa yang dilakukan Richard di kasus itu masuk dalam ranah pidana sebab mengambil alih barang bukti yang disita polisi dengan mengubah nama akun Instagram-nya.

"Awalnya KP (Kartika Putri) menuduh RL (Richard Lee) karena pencemaran nama baik, dan pelanggaran etika. Namun, saat lidik, dan posisi alat bukti sudah di tangan polisi, ternyata masih ada illegal access dari RL ke akun tersebut.

Baca juga: Dihujat Warganet Atas Penangkapan dr Richard Lee, Kartika Putri Geram : Jangan Bawa-bawa Hijrah Saya

Tindakan polisi terhadap RL bisa dibenarkan, hal ini yang membuat RL ditetapkan sebagai tersangka," jelas  Roy Suryo dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021) malam.

Roy mengapresiasi tindakan polisi yang tidak menahan  Richard Lee di kasus itu. Sebab, ia menilai sikap bijaksana telah dilakukan oleh polisi karena mau mendengar berbagai masukan baik dari netizen, ahli hukum atau atemsi masyarakat yang memperhatikan kasus  Richard Lee.

"Namun juga dengan tidak melakukan penahanan terhadap RL, saya rasa merupakan sikap yang bijak, sekaligus mendengar masukan-masukan dari masyarakat yang ikut menaruh atensi kasus ini," tutur Roy.

Baca juga: Istri dr Richard Lee Merasa Kejanggalan saat Sang Suami Ditangkap, Sebut Kini Tak Tahu Keberadaannya

Dalam keterangannya, Roy juga menjelaskan perihal pandangannya mengapa Richard Lee bisa mengakses secara ilegal akun Instagram yang telah disita polisi. Menurutnya, akses ilegal itu sangat dimungkinkan karena setelah dilidik akun Instagram yang disita polisi tertaut akun Facebook yang memungkinkan Richard bisa melakukan login kembali.

Detik-detik dr Richard Lee ditangkap polisi
Detik-detik dr Richard Lee ditangkap polisi (Instagram Reni Effendi/Tribunnews)

"Namun perlu saya jelaskan, dr RL login dan akses lagi IG tersebut melalui id di FB-nya (Facebook) di mana hal tersebut memang mungkin dilakukan. Inilah yang disebut illegal access karena akun RL sudah menjadi barang bukti yang disita polisi dan RL tak punya kuasa lagi atas akun tersebut," jelasnya.

Sebagai informasi, sebelum penangkapan di kediamannya di Palembang, Rabu (11/8/2021) kemaein, akun Instagram dr Richard disita polisi di kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri. Penyitaan akun  Richard Lee itu disita oleh polisi berdasarkan penetapan PN Jaksel pada 8 Juni 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menerangkan, penangkapan Richard Lee ini didasari laporan artis berinisial KP pada 9 Agustus 2021. Barang bukti itu disita polisi berkaitan dengan kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan artis Kartika Putri.

Baca juga: Fakta-fakta Penangkapan dr Richard Lee, Sempat Lakukan Perlawanan Hingga Sudah Berstatus Tersangka

"Perlu saya jelaskan bahwa tanggal 9 Agustus kemarin adanya seseorang yang melakukan illegal access dan menghilangkan barang bukti. Teman-teman tahu bulan 12 (Desember) lalu ada laporan seseorang inisial K melaporkan seorang terlapor dokter RL. K melaporkan tentang pencemaran nama baik di dalam salah satu akun @dr.richard_lee, di mana pelapor tidak menerima adanya cuitan dari RL di dalam akunnya," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Yusri mengatakan bahwa akun Instagram @dr.richard_lee ini telah disita dengan penetapan dari PN Jaksel pada 8 Juni 2021. Namun, Richard diketahui melakukan akses kembali ke akunnya dan penyidik menemukan akun yang telah dirubah Richard menjadi @dr.richardlee_official yang diketahui aktif kembali.

Baca juga: dr Richard Lee Ditangkap Buat Istri Histeris, Kartika Putri Unggah Video Pakai Lagu Cicak di Dinding

"Ini yang disebut illegal access karena mengambil alih akun dan mengganti username oleh RL. Ini merupakan pencurian oleh seseorang kemudian dilakukan lidik dan sidik berdasarkan hasil penyidikan ternyata ditemukan yang melakukan illegal access. Pencurian yang ada di akun yang menjadi barang bukti ini dilakukan sendiri oleh Saudara RL," jelas Yusri.

Saat ini  Richard Lee berstatus tersangka dalam kasus pencemaran nama baik. Sempat dijemput paksa dan menajalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya,  Richard Lee kemudian dibebaskan pada Kamis (13/8/2021) malam.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dokter Richard Lee Ditangkap karena Illegal Access di Akun Instagram, Ini Penjelasan Ahli Telematika, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/13/dokter-richard-lee-ditangkap-karena-illegal-access-di-akun-instagram-ini-penjelasan-ahli-telematika

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved