Breaking News:

PPKM di Banten

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Mencapai 97, 6 Persen atau Sudah Sampai kepada 751.753 Penerima

Saya berharap agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan masyarakat pun kembali dapat menjalani rutinitasnya seperti biasa

TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Asda I Provinsi Banten, Septo Kalnadi, memberikan sambutan di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma'mun, Jumat (13/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Realisasi bantuan sosial pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Banten sudah mencapai 90 persen.

Menurut Asda I Provinsi Banten Septo Kalnadi pada Mei-Juni 2021, penyaluran bantuan sosial tunai sudah mencapai 97,6 persen atau sebanyak 751.753 penerima.

Adapun program keluarga harapan (PKH) tahap tiga sudah mencapai 92,53 persen, bantuan beras 26.111 atau 96,71 persen, dan bantuan pangan nontunai (BPNT) Juli-Agustus 90 persen.

Baca juga: 26,8 Juta Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen Dapat Bantuan Kuota Internet, Ini Jadwal Penyalurannya

"Pemprov Banten memiliki komitmen untuk menangani kemiskinan melalui koordinasi dan anggaran," ujarnya saat memberikan sambutan di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma'mun, Jumat (13/8/2021).

Septo mengatakan program unggulannya adalah Jamsosratu guna mendukung anggaran bantuan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2003 angka kemiskinan mencapai 9,22 persen.

Pada 2019, angkanya menurun menjadi 4,94 persen.

Namun, saat pandemi covid-19 pada Maret 2020, angka kemiskinan kembali naik menjadi 6,6 persen.

Baca juga: Wali Kota Umumkan Angka Kemiskinan di Kota Serang Tembus 6 Persen

"Pemprov Banten harus terus mengoptimalkan program bantuan untuk mengurangi angka kemiskinan. Beberapa di antaranya melalui program pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah," ucapnya.

Septo meminta pendamping program keluarga harapan dan potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) agar aktif dalam membangun gotong royong di lingkungannya masing-masing.

"Saya berharap agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan masyarakat pun kembali dapat menjalani rutinitasnya seperti biasa," katanya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved