Breaking News:

Agar Subsidi Tepat Sasaran, Sopir Truk Beli BBM Solar Pakai Fuel Card

Aptrindo sebagai wadah bagi para pengusaha truk yang mayoritas sebagai jasa pengantar logistik sangat membutuhkan sekali adanya solar bersubsidi.

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Khairul Ma'arif
Asosiasi pengusaha truk Indonesia Banten menggelar peluncuran sistem pembayaran non tunai menggunakan fuel card Brizzi untuk pembelian Bahan Bakar Minyak, Selasa (17/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Banten menggelar peluncuran sistem pembayaran non tunai menggunakan fuel card Brizzi untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, Selasa (17/8/2021).

Peluncuran ini dilakukan di SPBU 34.42413, Ciberko, Kota Cilegon bersama Bank Rakyat Indonesia, Pertamina, dan BPH Migas.

Aptrindo sebagai wadah bagi para pengusaha truk yang mayoritas sebagai jasa pengantar logistik sangat membutuhkan sekali adanya solar bersubsidi.

Namun, tidak jarang terjadi kelangkaan solar bersubsidi karena tidak tepat sasaran.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aptrindo, Gemilang Tarigan mengatakan Aptrindo, BPH Migas, Pertamina, dan Bank BRI telah bersinergi untuk mensukseskan pedistribusian solar bersubsidi agar tepat sasaran.

"Bukan hanya tepat sasaran, tetapi juga tepat volume dan mampu telusur yang artinya dapat sesuai kebutuhan dan menjangkaunya," katanya kepada wartawan di lokasi, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Pascakebakaran Kilang Cilacap

Menurutnya, banyak temuan di daerah-daerah yang kehabisan kuota solar bersubsidi ini karena banyak yang tidak berhak tetapi tetap mengkonsumsi tanpa adanya batasan.

"Nah sekarang sudah ada aturannya, untuk truk yang mempunyai roda sepuluh ke atas itu maksimal 200 liter tetapi roda enam maksimal 80 liter," tambahnya.

Asosiasi pengusaha truk Indonesia Banten menggelar peluncuran sistem pembayaran non tunai menggunakan fuel card Brizzi untuk pembelian Bahan Bakar Minyak, Selasa (17/8/2021).
Asosiasi pengusaha truk Indonesia Banten menggelar peluncuran sistem pembayaran non tunai menggunakan fuel card Brizzi untuk pembelian Bahan Bakar Minyak, Selasa (17/8/2021). (TribunBanten.com/Khairul Ma'arif)

Sementara itu, di tempat yang sama, Asisten Vice Presiden divisi ritel payment Bank BRI, Danang Wedhasmara mengatakan kartu Brizzi ini penggunaan transaksinya sama seperti kartu Brizzi pada umumnya.

Namun, bedanya kartu Brizzi ini ditambahkan fungsi fuel card yang berguna untuk membatasi kuota yang sudah diperuntukan tadi.

Baca juga: Penjelasan Pertamina soal Harga Pertalite Turun, Setara Harga BBM Premium

"Sehingga ketika dilakukan transaksi di SPBU terutama untuk BBM bersubsidi pembelian maksimalnya sudah ditentukan sesuai kuotanya," ujarnya.

Selain itu, Ketua Aptrindo Banten mengharapkan dengan adanya pembaruan sistem seperti ini kelangkaan BBM bersubsidi di Kota Cilegon dapat teratasi.

"InsyaAllah tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya ketika bulan Oktober-November terjadi kelangkaan dan kita harus teriak ke sana-ke mari yang ujungnya capek, bukan hanya di Banten tapi di seluruh Indonesia," tuturnya.

Menurutnya para anggota Aptrindo akan mendapat kepastian solar bersubsidi khususnya yang berada di sektor hilir.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved