Breaking News:

Jokowi Singgung UMKM Naik Kelas di Sidang Tahunan, Perlu Standarisasi untuk Tingkatkan Daya Saing

Pemerintah berupaya meningkatkan kelas pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Produk unggulan UMKM Kabupaten Lebak 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah berupaya meningkatkan kelas pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Hal itu sempat disinggung Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR di komplek DPR/MPR RI, pada Senin (16/8/2021).

Baca juga: Akses eform.bri.co.id/bpum untuk Reservasi Antrean Bantuan Tunai UMKM Rp 1,2 Juta

Baca juga: Cara Cairkan Bantuan Tunai UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Antre

Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif mewakili Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, mengatakan standardisasi menjadi penting agar UMKM siap bertarung di pasar global maupun dalam negeri.

Menurut dia, pemerintah harus berpihak dalam rangka peningkatan daya saing UMKM di tingkat nasional maupun global.

“Kami mengapresiasi langkah kerja sama antar pihak melalui program untuk mengedepankan UMKM Indonesia,” kata Fiki, di seminar nasional bertajuk UMKM Bangkit Melalui Penerapan SNI.

Seminar nasional ini bertujuan menggelorakan semangat UMKM dalam meningkatkan mutu produknya agar meningkatkan daya saing dan menambah wawasan terkait penerapan dan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain meningkatkan mutu, SNI juga menciptakan kepercayaan masyarakat luas sebagai konsumen untuk menjamin kesehatan, keselamatan, serta keamanan produk bagi penggunanya.

Seminar itu merupakan kegiatan pembuka menuju rangkaian “Festival UMKM #Bangkit Wirausaha” yang akan diselenggarakan pada 18-22 Agustus 2021.

Acara itu diselenggarakan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bersama PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memperingati Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan Indonesia

Baca juga: Cek Nama Penerima Bantuan Tunai UMKM Rp 1,2 Juta, Login eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Baca juga: Cek Nama Penerima Bantuan UMKM Rp 1,2 Juta, Login eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, mengatakan sesuai Undang-Undang Nomor 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, BSN melakukan kerjasama dengan kementerian dan lembaga dan/atau pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya untuk melakukan pembinaan serta memfasilitasi sertifikasi SNI kepada UMKM sehingga UMKM semakin berdaya saing hingga dapat mencapai kancah internasional.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved