Breaking News:

Empat Presiden RI Pernah Injakkan Kaki di Sentra Warga Baduy, Adakah Jokowi?

Setelah Soekarno, dirinya pun mulai mengurutkan nama-nama presiden lainnya yang pernah datang ke Baduy pada saat menjabat sebagai presiden RI.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
Tribunnews.com/Dany Permana
Warga Baduy dalam dan Baduy luar berjalan ratusan kilometer dari tempat tinggalnya di Lebak menuju Kantor Gubernur Banten, Kota Serang, Sabtu (3/5/2014). Dalam tradisi tahunan bernama "Seba Baduy" tersebut warga Baduy mengantarkan hasil bumi kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Suku Baduy adalah kelompok etnis masyarakat suku Sunda yang hidup di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Suku ini dibagi menjadi dua yaitu suku Baduy Dalam dan Baduy Luar. Kendati disatukan dalam nama Baduy ternyata terdapat beberapa perbedaaan mendasar yang ada di Suku Baduy baik dalam maupun luar.

Suku Baduy Dalam masih memegang teguh adat dan menjalankan aturan dengan baik.

Sementara, suku Baduy Luar sudah terkontaminasi dengan budaya luar yang sudah menggunakan barang elektronik dan sabun serta menerima tamu dari luar negeri dan memperbolehkan mereka menginap.

Baca juga: Jokowi Pilih Pakaian Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR

Dalam keseharian, suku Baduy Dalam menggunakan baju berwarna putih yang melambangkan kesuician dan budaya yang tidak terpengaruh dari luar.

Sedangkan suku Baduy Luar mengenakan pakaian serba hitam.

Hal lain yang mungkin Tribuners belum ketahui tentang Desa Kanekes yang hanya ada satu di Dunia, yakni pesona adat dan budaya Baduy yang membuat empat Presiden RI pada zamannya ini sempat datang dan menginjakkan kakinya ke Tanah Baduy.

Lalu, siapa saja presiden RI yang rela dari Istana Negara jauh warga adat suku Baduy di pelosok Lebak tepatnya ke Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Warga Baduy Luar sedang bercengkrama di teras rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten
Warga Baduy Luar sedang bercengkrama di teras rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

Tetua adat Desa Kanekes, Jaro Saija mengatakan empat petinggi Republik Indonesia yang pernah berkunjung ke Baduy yakni, Soekarno, Soeharto, Abdurrahman Wahid Wahid hingga Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Presiden Jokowi Kenakan Ikat Kepala Bercorak Biru Hingga Tas Jerami Khas Suku Baduy, Ini Artinya

Baca juga: Jokowi Effect, Baju Adat Baduy Kini Diburu Pembeli di Toko Oleh-Oleh Khas Banten

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved