Breaking News:

Kejar Target, Pemkot Serang Masih Punya PR Sejumlah Raperda

Menurutnya, seluruhnya raperda yang masih dalam tahap penyusunan itu sifatnya urgen karena dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat di Kota Serang.

Penulis: mildaniati | Editor: Abdul Qodir
TribunBanten.com/Mildaniati
Suasana Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Raperda Kota Serang di ruang rapat di DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - DPRD Kota Serang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyetujui enam rancangan peraturan daerah (Raperda) sekaligus dalam rapat paripurna di kantor DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Serang, Mad Buang mengatakan pihaknya menargetkan 12 raperda yang masih dalam penyusunan dapat diselesaikan dan sehingga dapat disetujui DPRD seluruhnya akhir tahun 2021.

Raperda-raperda itu masih dalam tahap verifikasi dan pengkajian di Bapemperda.

"Saya berupaya semaksimal mungkin karena bagaimanapun yang digunakan untuk pembahasan Rancangan Perda itu uang masyarakat," ujarnya usai rapat paripurna DPRD Kota Serang.

Baca juga: Bantuan Keuangan Kota Serang Dipotong Rp 15 M, Ketua DPRD Pertanyakan Gubernur Banten

"Harapan kami dengan secepatnya selesai bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat," sambungnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Serang, Mad Buang saat ditemui di Gedunh DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021). 
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Serang, Mad Buang saat ditemui di Gedunh DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021).  (TribunBanten.com/Mildaniati)

Menurutnya, seluruhnya raperda yang masih dalam tahap penyusunan itu sifatnya urgen karena dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat di Kota Serang.

Enam Raperda yang telah disetujui DPRD dan Pemkot Serang yakni, Raperda tentang ketahanan pangan dan gizi, Raperda tentang pelestarian cagar budaya, Raperda tentang penyelenggaraan reklame, Raperda tentang pengelolaan sampah, Raperda tentang penyelenggaraan terminal, dan Raperda tentang perusahaan umum daerah air minum (Perumdam) Tirta Madani Kota Serang.

Nantinya keenam raperda tersebut akan dikirimkan ke pihak Pemprov Banten.

Baca juga: Pimpinan DPRD Cilegon Usul Perubahan Status 1500 Guru Honorer Dilakukan Bertahap

Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi saat ditemui TribunBanten.com di ruang kerja, Kantor DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021).
Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi saat ditemui TribunBanten.com di ruang kerja, Kantor DPRD Kota Serang, Senin (23/8/2021). (TribunBanten.com/Mildaniati)

Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandj menjelaskan satu di antara raperda yang memerlukan percepatan yakni Raperda tentang pengelolaan Perumdam Tirta Madani Kota Serang.

"Agar bagi asetnya kita (Pemkot Serang) besar. Itu kan bagian yang kabupaten, makanya nanti punya aturan tersendiri, royaltinya dalam rangka peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD)," ujarnya.

Budi mengingatkan Wali Kota Serang Syafrudin segera melaksanakan Raperda yang sudah jadi.

"Saya minta ingatkan pada kepala daerah agar perda yang sudah jadi segera dilaksanakan, jangan diam aja," tandasnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved