Breaking News:

Sempat Ditunda Karena Banyak yang Bolos, DPRD Kabupaten Serang Akhirnya Gelar Rapat RPJMD

Sebelumnya, rapat RPJMD diundur pada Kamis (23/8/2021) karena banyak anggota dewan yang membolos.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Anggota DPRD Kabupaten Serang akhirnya bisa menggelar rapat RPJMD Raperda Kabupaten Serang tahun 2021-2026, pada Senin (23/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Akhirnya rapat persetujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Raperda Kabupaten Serang tahun 2021-2026 didatangi oleh sebagian besar anggota DPRD, Senin (23/8/2021).

Sebelumnya, rapat RPJMD diundur pada Kamis (23/8/2021) karena banyak anggota dewan yang membolos.

Kini, rapat RPJMD bisa digelar setelah sebagian besar anggota hadir.

Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menyebut selama lima tahun masa jabatannya masih ada pekerjaan program yang belum terselesaikan.

"Selama lima tahun ada pekerjaan yang kita belum selesaikan, ada beberapa yang masih relatif agak tinggi maka dari itu kita selesaikan sekarang," katanya saat ditemui di pusat pemerintahan Kabupaten Serang.

Beberapa diantaranya, pelayanan pendidikan, dan pusat kesehatan yang belum merata di semua wilayah.

Baca juga: DPRD Kabupaten Lebak Anggarakan Pakaian Dinas Sekitar Rp 275 Juta, Satu Orang Dijatah Rp 5,5 Juta

"Kita akan tingkatkan sekarang supaya lebih merata termasuk juga kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan," ucapnya.

Lanjutnya, program yang belum diselesaikan dalam RPJMD berikutnya adalah rumah tidak layak huni dan isu lingkungan baik ekosistem lingkungan hidup maupun manajemen persampahan limbah.

Sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Serang mangkir saat rapat paripurna RPJMD Kabupaten Serang yang seharusnya digelar hari ini, Kamis (19/8/2021)
Sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Serang mangkir saat rapat paripurna RPJMD Kabupaten Serang yang seharusnya digelar hari ini, Kamis (19/8/2021) (TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Ia pun menuturkan bahwa selama satu periode ini bisa selesai atau tidak, masih tergantung pada bantuan dari pusat.

"Kita ini baru memenuhi standar sekitar 30 persen dari kebutuhan anggaran tahunan dan baru mencapai sekitar 80 persen," katanya.

Baca juga: Banyak Anggota DPRD yang Bolos, Rapat RPJMD Kabupaten Serang Diundur

Sementara anggaran tahunan berkisar diantara 3 terliun, kata dia, bagaimana kita mampu membiayai anggaran ini minimal diangka 50 persen otomatisnya harus kita tuntaskan pada periode sekarang.

"Itu semua menjawab persoalan yang kita rasakan kemarin yang nantinya akan dijabarkan di program tahunan pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD)," ujarnya.

Selain itu, ia pun menuturkan bahwa pembangunan puspemkab pun akan menjadi program prioritas yang akan juga diselesaikan pada perideonya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved