Breaking News:

Melihat Aktivitas Warga Binuang di Masa Pandemi Covid-19, Menambah Penghasilan dengan Membatik

Warga Kampung Cibiuk Langgar, Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang mengisi waktu luang di masa pandemi Covid-19 dengan cara membatik.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Pekerja membuat motif di kain batik di Kampung Cibiuk Langgar, Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Sabtu (28/8/2021). Usaha batik yang dikelola  Ahmad Amirudin (28) menggunakan pewarna alami.  

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Warga Kampung Cibiuk Langgar, Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang mengisi waktu luang di masa pandemi Covid-19 dengan cara membatik.

Berdasarkan pemantauan TribunBanten.com di lokasi pada Sabtu (28/8/2021), terlihat tiga orang perempuan tampak sibuk membuat pola baik di kain dihadapannya.

Sementara itu, dua orang lainnya tampak sibuk mengikat pola batik yang sudah dibuat. Nantinya, pola batik itu akan diwarnai.

Murtinah merupakan salah satu di antara warga. Sehari-hari, wanita itu disibukkan aktivitas mengikat pola-pola batik yang sudah dibuat atau ngibet.

"Iya ngerjainya kalau lagi nyatai aja karena memang kerjaannya juga engga ribet dan engga harus setiap hari," katanya saat ditemui di kediamannya, pada Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Benyamin Davnie Bocorkan Ternyata dari Hobi Mancingnya Hasilkan Ilmu untuk Memimpin Masyarakat

Baca juga: Profil Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono - Hobi Sepak Bola dan 10 Tahun Jadi Penyidik KPK

Selama satu minggu, dia mengaku dapat mengerjakan hingga 5 ikat batik.

"Alhamdulillah bisa buat pemasukan sehari-hari, dari satu kain ini bisa dapat upah Rp 10 ribu kan lumayan untuk bantu kebutuhan kelurga," katanya.

Selama mengerjakan itu dia tidak sendiri. Sebab, kata dia, warga lainnya pun memiliki kesibukan yang sama seperti dirinya.

Salah satu di antaranya, yaitu Wati Yani. Selain bertani, dia membatik yang dikerjakan untuk mengisi waktu luang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved