Breaking News:

Desa Cikolelet Kabupaten Serang Masuk Peringkat 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Desa Cikolelet masuk 300 besar pada seleksi pertama dan mengerucut menjadi 100 besar pada seleksi kedua

Penulis: desi purnamasari | Editor: Agung Yulianto Wibowo
dokumentasi Disporapar Kabupaten Serang
Desa Cikolelet di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, masuk peringkat 50 besar Desa Wisata Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf. 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Desa Cikolelet masuk peringkat 50 besar Desa Wisata Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Cikolelet terletak di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Cikolelet lolos bersaing dengan 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Hamdani mengatakan pemilihan Anugerah Desa Wisata ini dimulai pada Juli 2021. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Unggulan Kabupaten Serang, di Pantai hingga Gunung, Wajib Dikunjungi saat Liburan!

"Desa Cikolelet masuk 300 besar pada seleksi pertama dan mengerucut menjadi 100 besar pada seleksi kedua," ujarnya kepada TribunBanten.com, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, pencapaian ini tidak terlepas dari  kerja keras dan dukungan seluruh elemen penggiat wisata di Kabupaten Serang. Terutama Penggiat Wisata Desa Cikolelet

Tolok ukur penilaian dilihat dari beberapa kriteria, di antaranya adanya kelembagaan penggiat wisata di desa, sarana aksebilitas dan amenitas yang memadai, dan legalitas pengembangan desa wisata (keputusan bupati, perdes pengembangan, dan surat keputusa pengelola wisata).

Selain itu, juga kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan atau CHSE, serta atraksi wisata yang menarik. 

Baca juga: Wisata Religi di Kabupaten Serang dan Sejarah Singkat Tanah Kelahiran Syekh Nawawi dan Gunung Santri

Dalam hasil analisa penilaian Jadesta, kata dia, nilai Desa Cikolelet mencapai 44,12 persen atau masuk kategori desa maju. 

Menurut Hamdani, capaian ini dapat memicu semangat masyarakat dan pegiat wisata mengembangkan Desa Wisata Cikolelet, serta memotivasi desa lain di Kabupaten Serang untuk terus berinovasi. 

"Semoga dengan terpilihnya Desa Cikolelet dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi lebih dikenal secara luas di kancah nasional, dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujarnya. 

Selain itu, setelah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid-19 berakhir tingkat kunjungan wisatawan akan lebih meningkat. 

Hamdani juga meminta kepada pihak Pemkab Serang dan Pemprov Banten agar turut serta membina desa wisata.

Baca juga: Destinasi Wisata Pemandian Cirahab Kabupaten Serang, Airnya Bening Seperti Kaca, Ada Kolam Hati

Mulai dari kualitas sumber daya manusia serta melakukan pembinaan secara berkelanjutan, dan mendorong pembangun sarana prasarana desa wisata di Kabupaten Serang, terutama sarana dasar, seperti MCK, musala, dan akses jalan.

(TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved