Breaking News:

Negara Alami Kerugian Rp 70 Miliar, Jaksa Sebut FSPP Banten Tak Berhak Terima Dana Hibah Ponpes

Dalam sidang korupsi dana hibah ponpes di Banten, kelima terdakwa tersebut dinilai telah merugikan keuangan negara sekitar Rp 70 miliar

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Sidang korupsi dana hibah pondok pesantren di Banten tahun anggaran 2018 dan 2020 digelar hari ini, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunbanten.com, Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Sidang kasus dugaan korupsi dana hibah Pondok Pesantren (Ponpes) di Provinsi Banten tahun anggaran 2018 dan 2020 digelar hari ini, Rabu (8/9/2021).

Dalam kasus ini ada lima terdakwa yang terdiri dari mantan Kabiro Kesra Provinsi Banten Irvan Santoso,  Kabag Sosial dan Agama pada Biro Kesra Provinsi Banten Toton Suriawinata.

Kemudian Epieh Saepudin Pimpinan Ponpes di Pandeglang, Tb. Asep Subhi Pimpinan Ponpes Darul Hikmah Pandeglang dan Agus Gunawan sebagai tenaga harian lepas Pemprov Banten.

Dalam isi dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) M. Yusuf Putra di Pengadilan Negeri Serang, kelima terdakwa tersebut, dinilai telah merugikan keuangan negara sekitar Rp 70 miliar.

"Sebagaimana laporan auditor independen tentang pelaksanaan prosedur yang disepakati penghitungan kerugian keuangan negara," ujarnya saat dipersidangan, Rabu (8/9/2021).

Dalam rinciannya kerugian keuangan negara yang bersumber dari APBD Provinsi Banten Tahun 2018 sejumlah Rp 65.396.036.300.

Baca juga: Kerugian Negara Rp 70 M, Tersangka Korupsi Dana Hibah Ponpes Kembalikan Rp 8 Juta ke Penyidik

Sedangkan kerugian keuangan yang bersumber dari APBD Provinsi Banten Tahun 2020 sejumlah Rp 5.396.000.000.

Menurut keterangan yang disampaikan jaksa penuntut umum (JPU), bahwa terdakwa Irvan Santoso mantan Kabiro Kesra Provinsi Banten bersama Toton Suriawinata Kabag Sosial dan Agama pada Biro Kesra Provinsi Banten Sebagai orang yang melakukan atau turut serta melakukan tindakan korupsi pada kurun waktu sekitar tahun 2017 hingga tahun 2018.

Bersama dengan terdakwa Epieh Saepudin Pimpinan Ponpes di Pandeglang, Tb. Asep Subhi Pimpinan Ponpes Darul Hikmah Pandeglang dan Agus Gunawan THL Pemprov Banten Sebagai orang yang melakukan tindakan korupsi atau turut serta melakukan pada kurun waktu sekitar tahun 2019 hingga tahun 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved