Breaking News:

Polres Lebak Ungkap Kasus Pencurian Kayu di Lahan Perhutani, Oknum BPD Mekarwangi Terlibat

Satuan Reserse Kriminal Polres Lebak, berhasil mengamankan anggota Badan Permusyawaratan Desa Mekarwangi, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
Istimewa
Jumpa pers kasus pencurian kayu yang diamankan aparat Polres Lebak 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Satuan Reserse Kriminal Polres Lebak, berhasil mengamankan anggota Badan Permusyawaratan Desa Mekarwangi, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten.

Pelaku bernama Muhammad Jamaludin (34) diciduk oleh aparat kepolisian, setelah terbukti melakukan pencurian kayu atau ilegal logging, di kawasan hutan milik Perhutani Petak 33 E Blok Baregbeeg.

Kasat Reskrim Polres Lebak, AKP Indik Rusmono yang ditemui di Mapolres Lebak, mengatakan pelaku secara sengaja menebang sebanyak 20 pohon Akasia Manium di Kawasan Hutan Perhutani.

Menurut dia, pelaku memotong kayu tersebut, panjang masing-masing empat meter. Nantinya, kayu akan dimasukkan ke atas mobil truk yang telah disediakan oleh rekan-rekannya.

"Kayu batangan ini rencananya akan diperjual belikan oleh tersangka. Sebeluk dijual, polisi sudah menangkap tersangka bersama barang bukti satu truk kayu batangan," ujarnya saat ditemui di Mapolres Lebak, pada Kamis (9/9/2021).

Indik juga menerangkan, bahwa yang bersangkutan juga merupakan mantan residivis pada tahun 2013 di Rangkasbitung terkait kasus pencurian sepeda motor.

Akibat penebangan pohon tersebut, kerugian negara mencapai Rp 5-10 Juta rupiah.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 82 Ayat (1) huruf b Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengerusakan Hutan atau sebagaimana yang telah diubah dalam Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

"Ancaman minimal satu tahun dan maksimal lima tahun penjara dan pidana denda maksimal Rp 2,5 miliar," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved