Breaking News:

Unik, Melihat Pelepasliaran Anak Buaya Bernama Ayu Citra Lestari di Ujung Kulon

Pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) kembali melakukan budidaya satwa di kawasan konservasi TNUK, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Rizki Asdiarman
Jembatan yang berada di Taman Jaya Ujung Kulon 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) kembali melakukan budidaya satwa di kawasan konservasi TNUK, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (9/9/2021).

Di video yang beredar di media sosial, pelepasan anak buaya muara yang berukuran 130 meter tersebut sangatlah unik.

Hal ini lantaran sang anak buaya tersebut sempat terdiam beberapa saat, sebelum pada akhirnya petugas yang berada disana, membantu anak buaya tersebut untuk masuk ke dalam air.

Anak buaya itu, dinamakan Ayu Citra Lestari oleh petugas yang berada di sana.

Sebelum dilepaskan, petugas yang berada disana sempat melakukan ritual khusus, agar anak buaya tersebut selalu dilindungi dan dapat berkembang biak dengan baik.

"Nitip ini ke yang punya air ini, yang punya Muara Cilintang. Tolong diasuh, mohon dirawat. Nitip jangan berkhianat," ujar salah satu petugas dalam video yang diterima oleh Tribunbanten.com.

Baca juga: Viral di Media Sosial, Video Dua Wisatawan Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Tercebur ke Laut

Baca juga: Kado Istimewa di HUT ke-76 RI, Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Bertambah Dua Ekor

Terpisah, Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Andri Firmansyah membenarkan adanya pelepasliaran satwa di wilayah konservasi TNUK.

Menurutnya, anak buaya muara itu, pada awalnya ditemukan oleh warga Kampung Parung, Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang di dalam kolam tambak udang milik warga, Senin (7/9/2021).

"Iya, itu petugas kami, empat hari yang lalu sekitar jam 21.30 WIB kedatangan warga yang membawa anak buaya, dan menyerahkannya. Itu hasil tangkapan dari kolam peternak udang. Ditangkap karena dianggap mengganggu," jelasnya saat dihubungi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved