Breaking News:

Tak Terhalang Pandemi Covid-19, Inspektorat Kabupaten Serang Terus Tingkatkan Pengawasan

Inspektorat Kabupaten Serang terus berupaya meningkatkan pengawasan pelaksanaan vaksinasi Covid-19

Penulis: desi purnamasari | Editor: Agung Yulianto Wibowo
dokumentasi Inspektorat Kabupaten Serang
Inspektorat Kabupaten Serang. 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Inspektorat Kabupaten Serang terus berupaya meningkatkan pengawasan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada masa pandemi.

Inspektur Kabupaten Serang, Rachmat Jaya, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kerja sama itu melakukan pengawasan melalui audit, monitoring, dan evaluasi (monev) vaksinasi Covid-19," katanya kepada TribunBanten.com di ruang kerjanya, Kamis (9/9/2021).

Selama pandemi Covid-19, proses audit dan monev dilakukan melalui daring dan luring guna menghindari penyebaran virus corona.

Inspektur Kabupaten Serang, Rachmat Jaya.
Inspektur Kabupaten Serang, Rachmat Jaya. (dokumentasi Inspektorat Kabupaten Serang)

Di dalam pengawasan Inspektorat, ada permintaan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga melakukan review terhadap kegiatan yang bersumber dari DAK, baik fisik maupun nonfisik, serta audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu (ADTT).

"Tim inspektorat melakukan pembinaan pengawasan dengan melakukan pendampingan kepada OPD atas efektivitas dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, guna meminimalisasi permasalahan yang dihadapi OPD," ujarnya.

Menurut Rachmat, selama 10 tahun berturut-turut hasil laporan keuangan Pemkab Serang mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan terus dipertahankan.

"Meskipun kita mendapat hasil laporan keuangan yang akuntabel dan WTP dari BPK, tetapi tetap kita terus mengawasi serta membantu menyukseskan pemerintah daerah, kegiatan vaksinasi," ucapnya.

Inspektorat juga mengimbau kepada instansi-instansi, OPD, dan seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sesuai dengan program pemerintah pusat dan daerah. (adv)

(TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved