Breaking News:

News

Antisipasi Varian Baru Covid-19 MU, Kemenkes Pastikan Pintu Masuk dari Luar Negeri Dijaga Ketat

Kementerian Kesehatan mengaku sudah menyiapkan strategi untuk antisipasi varian baru Covid-19 masuk ke Indonesia.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
tangkapan layar
Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi dalam Siaran Pers di kanal YouTube FMB9ID_IKP pada Kamis (22/7/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementerian Kesehatan mengaku sudah menyiapkan strategi untuk antisipasi varian baru Covid-19 masuk ke Indonesia.

Melansir Tribunnews, Selain melakukan pemantauan terhadap varian Mu dengan berkoordinasi dengan petugas di pintu-pintu masuk kedatangan orang dari perjalanan luar negeri.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, pemerintah tengah menyusun kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya varian Mu ke Indonesia.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan petugas di pintu-pintu masuk dan menyusun berbagai kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya varian yang dikatakan memiliki potensi kebal terhadap vaksin ini," ungkap Nadia dalam konferensi pers virtual Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Disebut Tak Terdeteksi CT Value, Pelaku Perjalanan dari Kolombia Dipantau Ketat

Pemerintah tentunya berupaya mencegah masuknya varian baru dari luar Indonesia melalui penetapan kebijakan karantina internasional.

"Entri dan exit testing serta persyaratan vaksin kami juga terus berkonsultasi dengan WHO untuk terus memperbarui informasi terkait varian Mu dan varian-varian lain yang berpotensi menyebar di Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga, 1525 Tenaga Kesehatan di Lebak Disuntik Vaksin Moderna

Nadia mengatakan, pemerintah terus pemantau pelaku perjalanan luar negeri seperti WNI yang baru kembali dari Kolombia, Ekuador, maupun negara-negara yang mengumum kan sudah ada penyebaran Varian MU di negara mereka.

Baca juga: Suntikkan Dosis Kedua, Vaksinasi Covid-19 Pelajar di SMAN 2 Kota Serang Sudah Mencapai 83 Persen

Diketahui kini, varian yang pertama kali ditemukan di Kolombia ini telah menyebar di 43 negara.

Baca juga: Anak Yatim Terdampak Covid-19 di Kabupaten Serang Dapat Bansos Hingga Rp 300 Ribu Sebulan

"Pelaku perjalanan luar negeri dilakukan pemeriksaan sequencing untuk mengantisipasi masuknya varian covid-19 ke Indonesia termasuk varian MU," imbuh perempuan berhijab ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenkes Siapkan Strategi Antisipasi Masuknya Varian Mu, https://www.tribunnews.com/corona/2021/09/11/kemenkes-siapkan-strategi-antisipasi-masuknya-varian-mu

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved