Breaking News:

Jokowi Teken PP 94/2021, PNS Kabupaten Lebak Bakal Disanksi Ini Jika Langgar Aturan Disiplin

Kepala BKD Kabupaten Lebak Wiwin Budhyarti siap menjalankan aturan penegakan disiplin bagi ASN sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021

(CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com)
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lebak Wiwin Budhyarti siap menjalankan aturan penegakan disiplin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021.

Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu mengatur kewajiban dan larangan serta hukuman disiplin bagi PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan itu.

Salah satu di antaranya, para ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan hingga bolos kerja bisa dijatuhi hukuman berat.
Dan, bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan sah itu bisa diberhentikan.

"Iya kalau sudah aturan ya otomatis pasti akan kami jalankan. Itu peraturan yang harus dipatuhi, kalau untuk di Lebak, bagi PNS yang melanggar, otomatis akan kita lengserkan," kata dia saat dihubungi, pada Kamis (16/9/2021).

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, dia sedang mempersiapkan mekanisme dan pembaharuan sistem dalam pendisiplinan PNS yang berada di Kabupaten Lebak.

"Jadi kalau sistem absen itu dapat saja bisa dimainkan. Kami tengah mencoba membuat cara baru agar para PNS tidak main-main menjalankan tugas sebagai pelayan," ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 31 Agustus 2021.

Aturan baru itu di antaranya mengatur hukuman atau sanksi disiplin jika PNS melanggar kewajiban. Ada sanksi ringan, sedang hingga berat.

Pemberhentian dari jabatan termasuk kategori sanksi berat. Sanksi itu di antaranya bisa dikenakan kepada PNS yang absen tanpa alasan.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved