Breaking News:

Warga Bantaran Sungai Ciujung Menolak Pembangunan Sodetan, Besok Rencana Kirim Surat Audiensi

Katanya intake itu pembangunan pintu-pintu air supaya air yang tercemar tidak masuk. Saya pikir itu keterangan yang kurang tepat

TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Warga bantaran Sungai Ciujung Pontang-Tirtayasa, Kabupaten Serang, menggelar jumpa pers di Alun-alun Barat, Kota Serang, Kamis (16/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Warga bantaran Sungai Ciujung Pontang-Tirtayasa, Kabupaten Serang, menolak pembangunan sodetan atau intake.

Mereka menilai proyek pembangunan itu dapat mencemari Sungai Kalimati atau Ciujung Lama yang selama ini digunakan untuk kehidupan warga.

Hery Amrinfasa, perwakilan warga, mengatakan pembangunan itu akan mengalirkan air dari Sungai Ciujung Baru ke Sungai Ciujung Lama atau Kalimati.

"Proyek itu mengambil air dari Sungai Ciujung Baru. Padahal tercemar, jadi tidak bisa menjamin keamanan dan kesehatan warga," ucapnya seusai jumpa pers di Alun-alun Barat Serang Kota, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Kepala BBWSC3 Sebut Banjir yang Terjadi di Tirtayasa Bukan Karena Sodetan yang Jebol

Menurut Hery, warga hanya menyetujui proyek pembangunan long storage atau bangunan penyimpanan air baku.

“Katanya intake itu pembangunan pintu-pintu air supaya air yang tercemar tidak masuk. Saya pikir itu keterangan yang kurang tepat. Mereka tidak bisa meyakinkan warga tidak akan tercemar sampai hari ini,” ujarnya.

Hery mengaku sudah beberapa kali melakukan unjuk rasa penolakan dan mengajukan audiensi dengan penanggungjawab proyek intake.

Namun, menurutnya sampai saat ini pihak penanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung, Cidurian, dan Cidanau (BBWSC3), serta Pemkab Serang belum bisa meyakinkan masyarakat.

“Kami sudah sering melayangkan surat penolakan ke Ibu Bupati karena yang berhak menghentikan proyek ini dari Pemda adalah bupati. Namun, sampai hari ini tidak pernah menerima kami,” katanya.

Baca juga: Pemkab Serang Membuka Ruang Dialog Bagi Warga yang Menolak Pembangunan Intake di Tirtayasa

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved