Breaking News:

Disnaker Lebak Sebut Jenazah TKI yang Meninggal di Malaysia Kemungkinan Besar Tak Dapat Dipulangkan

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lebak, Banten yang meninggal dunia di Malaysia terancam tak dapat dipulangkan.

Tribun Kaltim
ilustrasi TKI - TKW 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lebak, Banten yang meninggal dunia di Malaysia terancam tak dapat dipulangkan.

Hal tersebut, lantaran Pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang yang datang ke Indonesia harus mengikuti prosedur protokol kesehatan yang cukup ketat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lebak, Tajudin mengatakan, pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan pihak Kemenlu RI dan BP2MI untuk memastikan pemulangan jenazah TKI asal Lebak tersebut.

Diketahui, Abad (37) warga Kampung Babakan Laban RT 03/04, Desa Pagelaran, Kecamatan Malimping, Kabupaten Lebak, Banten, meninggal dunia setelah menderita gagal ginjal sejak beberapa bulan lalu.

"Kita tidak ingin mendahulukan yang di atas, akan tetapi dari pengalaman yang ada sebelumnya, tenaga kerja kita yang meninggal di masa pandemi juga dimakamkan di tempat ia bekerja," katanya saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: TKI Asal Lebak Meninggal Dunia di Malaysia, Ternyata Ini Penyebabnya

Kendati begitu, pihaknya mengatakan masih terus mengusahakan untuk jenazah dapat segera dipulangkan.

Untuk saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan dokumen dari yang bersangkutan, untuk nantinya segera dikirimkan ke pihak KBRI yang berada di Malaysia.

"Kita harus mendata dulu yang bersangkutan ini tenaga kerja legal atau ilegal. Karena banyak tenaga kerja kita yang sebenarnya, berangkat ke luar negeri tanpa ada dokumen yang lengkap," terangnya.

Ia pun meminta agar pihak keluarga tetap bersabar dan menunggu kepastian dari pihak pemerintah Indonesia untuk proses pemulangan jenazah dari Jiran.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved