Breaking News:

3 Ponpes di Kabupaten Serang Terima Bantuan Oksigen Konsentrator dari Kemenag RI

Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan oksigen medis di Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

dokumentasi Diskominfosatik Kabupaten Serang
Tiga pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Serang mendapat bantuan oksigen konsentrator dari Dirjen Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama (Kemenag). 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Tiga pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Serang mendapat bantuan oksigen konsentrator dari Dirjen Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama (Kemenag).

Tiga ponpes itu adalah An Nawawi Tanara, Nur El-Falah, dan Darul Anwar.

Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan oksigen medis di Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kemenag, Waryono, memberikan bantuan secara sombolis kepada pengurus di aula Serba Guna Ponpes An Nawawi Tanara, Kecamatan Tanara, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Selamat! Pemkab Serang 10 Kali WTP, Dapat Penghargaan dari Kemenkeu, Bupati Ratu Tatu: Tidak Mudah

Kegiatan itu dihadiri pengurus Ponpes An Nawawi Tanara, KH Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin; Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Nanang Faturohman; dan Asda I Bidang Administrasi Pemkab Serang, Nanang Supriatna.

Waryono mengatakan bantuan oksigen dari Kemenag ini bekerja sama dengan Aksi Santri Tanggap Bencana (Astana) serta Tonoto Foundation.

“Oksigen konsentrator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen bagi pasien yang memiliki gangguan pernapasan,” ujar Waryono lewat rilis yang diterima TribunBanten.com, Selasa (28/9/2021). 

Waryono mengaku Poskestren dipilih karena menjadi unit pertama pelayanan kesehatan kuratif untuk risiko gangguan pernapasan warga pesantren dan sekitarnya.

Baca juga: Pemkab Serang Bersinergi dengan Kadin Provinsi Banten Bantu Warga Terdampak Pandemi Covid-19

“Baik itu gangguan pernapasan yang disebabkan penyakit bawaan maupun gejala yang ditimbulkan akibat infeksi Covid-19,” katanya. 

Oksigen konsentrator mampu membantu meningkatkan oksigen pada pasien yang memiliki kadar saturasi antara 88-92 persen, dengan cara menyaring udara di sekitarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved