Breaking News:

Pengikut Aliran Hakdzat di Pandeglang Sudah Bertobat, Camat Imbau Masyarakat Tetap Kondusif

Warga Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten kembali digegerkan dengan adanya aliran menyimpang bernama Hakdzat.

TRIBUNBANTEN/MARTEENRONALDOPAKPAHAN
ILUSTRASI - Sebanyak 16 pengikut aliran sesat Hakekok Balakasuta kembali ke tempat tinggal masing-masing, pada Kamis (25/3/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Warga Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten kembali digegerkan dengan adanya aliran menyimpang bernama Hakdzat.

Aliran tersebut diketahui memiliki ritual yang berbeda dalam menjalankan ibadah keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, seperti melaksanakan salat dengan menggunakan empat arah mata angin.

Selain itu, para pengikut yang diketahui berjumlah 30 orang tersebut, pada saat menjalankan salat tidak melakukan rukuk.

Camat Sumur, Heru saat dihubungi mengatakan bahwa aliran menyimpang tersebut sudah ada sejak tahun 2020 yang lalu.

Pihaknya pun telah melakukan deteksi dini dengan melakukan pembinaan secara menyeluruh kepada warganya yang sudah terpapar aliran menyimpang menurut ajaran agama.

Baca juga: Geger Muncul Aliran Hakdzat di Pandeglang, Takbirnya Berbeda dan Salat Tanpa Rukuk, MUI Ungkap Fakta

"Iya itu sudah ada sejak tahun yang lalu, dan kita bersama dengan pihak jajaran Camat dan dibantu oleh TNI-Polri dan tokoh agama melakukan pembinaan setelah mendapatkan kabar tersebut," katanya saat dihubungi, Rabu (29/9/2021).

Dirinya pun mengaku bahwa aliran penyimpangan agama di daerah pedesaan sangatlah mudah dimasuki oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar masyarakat yang berada di wilayahnya dan Pandeglang secara khusus dapat menahan diri, untuk tidak terprovokasi dengan adanya aliran menyimpang tersebut.

"Apalagi kan di kita mayoritas muslim. Jadi perlu adanya peran masyarakat dan tokoh yang ada di desa untuk bersama-sama melakukan pencegahan masuknya aliran menyimpang tersebut," terangnya.

Baca juga: Mantan Pengikut Aliran Hakekok Dapat Bantuan Rumah Harapan, Bupati Pandeglang: Haknya Kita Penuhi

Untuk saat ini, menurutnya aliran Hakdzat sendiri sudah dilakukan pembinaan dan telah bertobat, setelah mendapatkan pencerahan dan pemahaman terkait ajaran agama.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved