Breaking News:

Pasar Badak Pandeglang Diterjang Banjir, DPUPR Provinsi Banten Beberkan Penyebabnya

Pasar Badak dan kawasan di sekitarnya di wilayah Kabupaten Pandeglang mengalami banjir pada beberapa waktu lalu.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Plt. Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Mazan 

TRIBUNBANTEN.COM - Pasar Badak dan kawasan di sekitarnya di wilayah Kabupaten Pandeglang mengalami banjir pada beberapa waktu lalu.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten mengungkap penyebab banjir di wilayah tersebut.

Berdasarkan temuan di lapangan ditemukan fakta, sebagian air yang mengalir dari Alun-alun Pandeglang dan kawasan Kadu Gajah tak masuk ke saluran drainase yang tersedia.

Sehingga menyebabkan air melimpah di atas badan jalan. Sementara, saluran pembuangan yang berada di ruas jalan kewenangan Pandeglang memiliki ukuran yang cukup kecil.

Pada beberapa ruas jalan kewenangan Kabupaten Pandeglang juga tidak memiliki drainase.

“Oleh karena itu, air yang mengalir kemudian melimpah di atas badan jalan dan tidak mampu menampung buangan air dari ruas jalan kewenangan Provinsi,” ungkap Plt. Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Mazan, dalam keterangannya, pada Kamis (30/9/2021).

Baca juga: Ungkap Penyelundupan Sabu, Polres Pandeglang Ciduk Pelaku di Pasar Badak

Baca juga: Harga Cabai Rawit di Pasar Badak Pandeglang Melonjak Tajam Hingga Rp 90 ribu per kg

Untuk itu, pihaknya berupaya menanggulangi banjir. Upaya penanganan penanggulangan banjir di sekitar Pasar Badak berprinsip pada terjalinnya sinergitas sesuai kewenangan masing-masing.

Tahun 2022, PUPR Provinsi Banten telah menganggarkan pergantian saluran drainase di Jl. Ahmad Yani, Pasar Badak Kabupaten Pandeglang.

“Tim teknis UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pandeglang Dinas PUPR Provinsi Banten, telah rutin melakukan pemeliharaan,” ungkap Arlan.

“Termasuk melakukan pembersihan sampah dan pendangkalan/sedimentasi pada drainase melalui bak kontrol yang tersedia,” tambahnya.

Baca juga: 4 Hari Tak Jualan di Pasar Badak Pandeglang, Pedagang Daging Sapi: Semoga Unjuk Rasa Ada Hasil

Pemprov Banten melalui Dinas PUPR telah menyelesaikan pembangunan pada ruas jalan kewenangan Provinsi Banten di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Seperti beberapa ruas jalan di antaranya : ruas Tanjung Lesung – Sumur, ruas Ciseukeut – Sobang – Tela, ruas Picung – Munjul – Panimbang, dan ruas Munjul – Cikeusik.

“Bahkan beberapa jalan seperti ruas Jiput - Muruy, yang sebenarnya merupakan kewenangan Kabupaten Pandeglang pun berhasil dibangun oleh Pemprov Banten,” tambahnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved