Breaking News:

Hijab Etnik Banten Rancangan ketua FBC Serang, Motif Batiknya Sarat Budaya dan Sejarah Banten

Perempuan yang berusia 36 tahun tersebut memang menjual berbagai jenis baju muslim dengan memakai motif yang mengangkat kearifan lokal Banten.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Lia Amalia Perempuan asal Kabupaten Serang kembali memperkenalkan produk khas Banten yakni Hijan Etik Bantik yang bercorak batik. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Lia Amalia Perempuan asal Kabupaten Serang kembali memperkenalkan produk khas Banten yakni Hijab Etnik Batik.

Perempuan yang berusia 36 tahun tersebut memang menjual berbagai jenis baju muslim dengan memakai motif yang mengangkat kearifan lokal Banten.

Usaha butik berlokasi di Kecamatan Taktakan, Kota Serang, menerapkan konsep hijab motif khas etnik Banten yang sarat akan karakteristik lokal.

"Motif-motif ini juga diusung bersama dengan pihak Bantenologi, yakni Dr. Mufti Ali yang sekaligus menjadi penasehat dalam pembuatan motif dengan memasukkan unsur tentang sejarah dan perkembangan di Banten," katanya kepada TribunBanten.com, Jumat (1/10/2021).

Selain itu, ia pun mengatakan bahwa ada beberapa keunggulan dari hijab tersebut diantaranya untuk pilihan bahan terbuat dari foal, karena memang foal merupakan bahan terbaik di kelasnya untuk di hijab.

Baca juga: Gunakan Pewarna Alami, Batik Buatan Warga Binuang Serang Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah

Sedangkan untuk warnanya terispirasi dari beberapa ikon dan ciri khasnya dari Banten sendiri.

Seperti warna emas yang bermakna sebagai kejayaan Banten, warna hijau merepresentasikan ulama, dan warna hitam mewakili kaum jawara Banten yang sudah tersohor.

Sementara untuk motif-motifnya pun terdiri dari motif Surosowan, menara Banten, Gunung Krakatau, dan peta Banten.

"Kita ingin menujukan sisi hijabnya namun tetap menujukan keunikan dan kearifan lokal, saya sudah berkali-kali mencoba mempelajari hal tersebut," ujar pemilik butik Rhamala tersebut.

Baca juga: Tenant Hijab di Mall Of Serang Ramai Pembeli, Syari dan Pashmina Plisket jadi Primadona

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved