Breaking News:

Wapres Maruf Amin Beri Amanah Agar Tanara dan Tirtayasa Serang Jadi Sentra Penghasil Mangga

Wakil Presiden RI, Maruf Amin memberikan amanah agar wilayah Kecamatan Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang sebagai sentra penghasil mangga

Editor: Yudhi Maulana A
Dok. Pemkab Serang
Penanaman pohon buah mangga di sekitar kediaman Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin di Desa/Kecamatan Tanara oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono pada Kamis, 30 September 2021. 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Presiden RI, Maruf Amin memberikan amanah agar wilayah Kecamatan Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang dijadikan sebagai sentra penghasil buah mangga.

Untuk mewujudkannya, Sebanyak 20 ribu bibit pohon buah mangga pun ditanam di dua wilayah tersebut.

Penanaman pohon buah mangga pun diawali di sekitar kediaman Maruf Amin di Desa Tanara, Kecamatan Tanara oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono pada Kamis, (30/9/2021).

Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto mengatakan, terkait dengan penanaman pohon buah mangga merupakan amanah dari Wapres RI KH. Ma’ruf Amin.

Baca juga: Menantunya Tengah Hamil, Ayah Rizky Billar Ungkap Lesti Tak Ngidam yang Aneh : Cuma Minta Mangga

“Sekitar tiga pekan lalu beliau mengamanahkan supaya wilayah Pondok Pesantren An Nawawi Tanara jadi penghasil tanaman buah mangga,”ujar Yunianto dalam siaran pers yang diterima TribunBanten.com.

Atas amanah tersebut, Yunianto, pihaknya mendatangkan bibit pohon buah mangga yang berkualitas.

Pastinya, bibit mangga yang cocok dengan daerah sekitar Tanara. “Insya Allah akan di tanam di dua Kecamatan Tanara dan Tirtayasa,”terangnya.

Baca juga: Cara Membuat dan Resep Camilan Lebaran Idul Fitri 2021: Dadar Gulung Cokelat hingga Es Jelly Manggaz

Sedangkan untuk jumlah bibit pohon buah mangga, sebut Brigjen TNI Yunianto sebanyak 20.000 bibit disiapkan dengan berbagai jenis meliputi buah manga gedong gincu, harum manis, cengkir dan lainnya. 

“Sebelumnya kami koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, maka bibit buah mangga yang didatangkan dari Jati Nangor Bandung Jawa Barat,”jelasnya.

Dengan ditanamnya bibit buah pohon mangga, Brigjen TNI Yunianto menyampaikan kepada masyarakat yang diberikan amanah untuk menanam ikut bertanggung jawab merawatnya. “Mudah-mudahan semuanya yang kita tanam, semuanya tumbuh dan menghasilkan buah,”tuturnya. 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku merupakan mimpinya di Kabupaten Serang bias menjadi sentra buah mangga. Terlebih, setiap desa mempunyai penghasil unggulan. “Mimpi saya diinisiasi oleh Pak Wapres dan Danrem,”ujar Tatu.

Dengan dilaksanakannya penanaman pohon buah mangga, Bupati Serang dua periode ini meyakini sudah sesuai target Pemerintah Daerah Kabupaten Serang yakni one field one product (satu bidang satu produk).

"Mudah-mudahan tiga kecamatan di mulai dari Tanara, Tirtayasa, dan Pontang nanti jadi sentra mangga, bisa seperti Indramayu penghasil buah mangga,”katanya.

Dengan begitu, Tatu meyakini jika Kabupaten Serang pun bisa seperti Indramayu sebagai penghasil buah mangga. “Kabupaten Serang juga rasanya tidak sulit, hanya memang apa yang disampaikan Pak Danrem setelah ditanam itu jangan berharap lagi kepada pihak TNI yang mengurus, tapi masyarakat yang merawat, menyiram menjaga supaya hidup,”ungkapnya.

Usai menanam bibit pohon buah mangga di halaman kediaman Wapres RI KH Ma’ruf Amin, Tatu bersama Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono melanjutkan menanam di terminal Tanara dengan menggunakan sepeda motor. Dilanjutkan, panen raya padi dan meninjau serbuan vaksinasi di yang digelar Kodim 0602/Serang di Kantor Desa Sujung.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved