Breaking News:

UPDATE Daftar Tanggal Merah 2021: Libur Maulid Nabi Digeser, Cuti Bersama Natal Ditiadakan

Bagi anda yang sudah mempunyai rencana untuk liburan, maka perhatikan kebijakan pemerintah soal hari libur nasional dan cuti bersama berikut ini.

Editor: Glery Lazuardi
Gambar oleh Andreas Lischka dari Pixabay
Ilustrasi Kalender. Berikut Daftar Libur Akhir Tahun 2020: Pilkada 9 Desember, Cuti Bersama, Natal dan Tahun Baru 2021. 

TRIBUNBANTEN.COM - Bagi anda yang sudah mempunyai rencana untuk liburan, maka perhatikan kebijakan pemerintah soal hari libur nasional dan cuti bersama berikut ini.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah memutuskan memindahkan hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi 20 Oktober 2021. Selain itu, cuti bersama Natal ditiadakan.

"Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Kembali Terapkan PPKM Level 3, Seluruh Destinasi Wisata di Lebak Ditutup

Baca juga: Destinasi Wisata Kabupaten Serang: Sejuta Pesona Pulau Tunda, Pengalaman Wisata tak Terlupakan

Meski begitu, tidak berarti pergeseran ini mengubah hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang tetap berlangsung pada 12 Rabiul Awal.

"Maulid Nabi Muhammad SAW tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ujar Kamaruddin.

Kebijakan antisipasi kasus Covid-19 ini juga berlaku untuk Hari Raya Natal, mengingat lonjakan kasus pada libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Dia menjelaskan, perubahan juga terjadi terkait cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal yang awalnya ditetapkan pada 24 Desember, akhirnya diputuskan untuk ditiadakan.

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB No 712, 1, dan 3 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB No 642, 4, dan 4 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

Sebelumnya, pemerintah juga melakukan perubahan pada hari libur peringatan tahun baru hijriyah.

Tahun baru hijriyah tetap 1 Muharram 1443 H, bertepatan 10 Agustus 2021. Akan tetapi, hari libur dalam rangka memperingati 1 Muharram bergeser menjadi 11 Agustus 2021.

Baca juga: Kunjungi Objek Wisata Religi Banten Lama, Kajati Soroti Pungli dan Parkir Liar

Baca juga: Destinasi Wisata di Banten Mulai Dibuka Sejak 28 September, Berikut Syarat Bisa Berwisata

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved