Breaking News:

Menkes: 7 Atlet PON XX Papua yang Positif Covid-19 Pulang ke Daerah Asal & Kembali Karantina

Sebanyak tujuh atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang positif Covid-19 kembali ke daerah asal sebelum masa isolasi selesai.

screenshoot
Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUNBANTEN.COM - Sebanyak tujuh atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua positif Covid-19 dan keluar dari tempat isolasi sebelum masa isolasinya selesai.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (11/10/2021).

Atas kejadian itu, Budi menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan agar tujuh atlet tersebut diisolasi di tempat asalnya masing-masing.

Baca juga: Dapat 2 Medali Emas Tambahan, Jawa Barat Dipastikan Jadi Juara Umum Dayung PON XX Papua

"Atas saran bapak presiden agar 7 atlet yang kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasinya ini, bisa segera dikarantina atau diisolasi di tempat kedatangan," ungkapnya.

Meski tak merinci nama ketujuh atlet tersebut, namun Budi menyebutkan asal daerahnya.

Anak Buah Kapal (ABK) memperlihatkan ruangan bagi pasien Covid-19 di dalam KM Lawit yang berlabuh di Pelabuhan Panjang, Lampung, Kamis (19/8/2021). Kapal PT Pelni (Persero) tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Perekonomian, dan BNPB kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan orang tanpa gejala (OTG), dengan kapasitas sebanyak 400 tempat tidur. Tribun Lampung/Deni Saputra
Anak Buah Kapal (ABK) memperlihatkan ruangan bagi pasien Covid-19 di dalam KM Lawit yang berlabuh di Pelabuhan Panjang, Lampung, Kamis (19/8/2021). Kapal PT Pelni (Persero) tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Perekonomian, dan BNPB kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan orang tanpa gejala (OTG), dengan kapasitas sebanyak 400 tempat tidur. Tribun Lampung/Deni Saputra (Tribun Lampung/Deni Saputra)

83 Kasus Covid-19 di PON XX Papua

Sebelumnya, dari laporan yang diterima Budi hingga siang hari (Senin, 9/10) dilaporkan ada 83 kasus terkonfirmasi Covid-19 di ajang olahraga nasional ini.

"Sampai tadi siang ini menjadi 83 kasus konfirmasi (positif Covid-19)," kata Menkes.

Baca juga: Tak ada Angin, Paralayang PON XX Papua Ditunda, FASI Banten: Kami Mohon Doanya agar Raih Medali Emas

Adapun puluhan kasus itu terkonsentrasi di beberapa cabang olahraga seperti Judo, Sepatu roda, Motor Cross, Panahan dan Kriket.

Sementara itu berdasarkan asal provinsi peserta terkonsentrasi pada DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi dan Bali.

Ia memaparkan, hasil pengamatan Kementerian Kesehatan sebab penularan kemungkinan besar ada di tempat penginapan.

Baca juga: Detik-detik Desi Shintia Pegulat Asal Banten Meraih Medali Emas di PON XX Papua

Lantaran, satu kamar yang ditempati sekitar 4 orang atlet.

"Dan juga pada saat makan bersama. Hal ini menjadi catatan agar kedepannya untuk acara-acara besar seperti ini ada perbaikan perbaikan protokol kesehatan yang bisa kami lakukan," imbuh mantan dirut Bank Mandiri ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tujuh Atlet yang Positif Covid-19 di PON XX Papua Pulang ke Daerah Asal Sebelum Masa Isolasi Selesai

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved