Breaking News:

Polda Banten Siapkan Pengamanan Optimal di 4 Kabupaten Penyelenggara Pilkades Serentak 2021

Kapolda Banten, Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto, meminta jajaran maksimal mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di empat kabupatan

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak 

TRIBUNBANTEN.COM - Kapolda Banten, Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto, meminta jajaran maksimal mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di empat kabupatan/kota.

Sebanyak empat kabupaten/kota di Banten menggelar Pilkades serentak 2021. Yaitu, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak.

"Dalam pelaksanaan Pilkades diharapkan seluruh aparat Polri dan jajaran agar mengoptimalkan keamanan, kesehatan dan kondusifitas," kata dia, dalam keterangan yang diterima, pada Selasa (12/10/2021).

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela acara Anev Operasional Triwulan III tahun 2021 yang dipimpin Rudy Heriyanto.

Baca juga: Polda Banten Terjunkan 1150 Personel untuk Amankan Pilkades Serentak di Pandeglang 17 Oktober

Baca juga: TPS Pilkades di Tangerang Sediakan Gerai Vaksin, Panitia Bakal di-Swab Cegah Klaster Baru

Di kesempatan itu, hadir para Pejabat Utama serta seluruh Kapolres Jajaran di Ruang Rapat Utama Polda Banten, Jl. Syech Nawawi Al Bantani No 76 Kota Serang.

Menurut Rudy, pengamanan Pilkades serentak itu dilaksanakan dengan over estimate.

"Sehingga personel senantiasa siap menghadapi potensi gangguan kamtibmas, bila muncul menjadi ancaman faktual," ujar Rudy.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Kapolda Banten yang memberikan penekanan sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh masing-masing Kapolres jajaran tentang analisa dan evaluasi gangguan kamtibas dan kesiapan Pilkades di wilayah masing-masing, dan perlu diketahui kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: 4 Pilkades Serentak Digelar di Provinsi Banten, Kapolda Minta Seluruh Jajaran Jaga Netralitas

Baca juga: Sedang Berlangsung! Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang, Digelar 1178 TPS 77 Desa

Sementara itu Kabidhumas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menambahkan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan tahap pemungutan suara Pilkades di Kabupaten Pandeglang tepatnya 17 Oktober 2021.

Untuk itu, dia berharap, pelaksanaan Pilkades tetap dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tidak menimbulkan ekses pada gangguan kamtibmas.

"Sesuai perintah Kapolda Banten, segala bentuk gangguan keamanan dalam Pilkades akan dilakukan penegakan hukum yang tegas," tambah Shinto.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved