Breaking News:

Temui Banyak Bangunan Liar di Sepanjang Pantai Tanjung Lesung, WH: Pantai Itu Milik Publik

Gubernur Banten Wahidin Halim menyoroti kondisi di sepadan Pantai Tanjung Lesung hingga Sumur, Pandeglang, Banten.

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat kunjungan ke Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Rabu (13/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Gubernur Banten Wahidin Halim menyoroti kondisi di sepadan Pantai Tanjung Lesung hingga Sumur, Pandeglang, Banten.

Di sepanjang pantai yang telah dilalui, banyak berdiri bangunan-bangunan liar milik pribadi atau perorangan. 

Wahidin Halim mengatakan, dalam aturan perundang-undangan, sejauh 50 meter dari garis pantai tidak boleh berdiri bangunan apapun. 

"Pantai itu harus menjadi milik publik, akses publik. Masyarakat boleh di situ, baik nelayan, masyarakat umum dan lain sebagainya. Tidak boleh menjadi milik pribadi," ujarnya saat meresmikan proyek infrastruktur di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya jika dibandingkan dengan negara lain, di sepanjang pantai itu diperuntukkan untuk publik, sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan pantai.

Kemudian hal itu juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Wahidin Halim Berharap Budidaya Vanili di Pandeglang Bisa Kembalikan Kejayaan Rempah Nusantara

"Lihat tuh di negara-negara maju, mereka rapih menata sepadan pantainya. Sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Selain sepadan pantai di daerah Tanjung Lesung hingga Sumur. bangunan liar juga banyak ditemukan di sepanjang pantai Anyer, Carita sampai Tangerang.  

"Makanya nanti coba kita tertibkan supaya tertata rapih. Karena ga boleh itu ada bangunan. Nanti diberikan sosialisasi dan dibongkar jika perlu," kata dia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved