Breaking News:

Bangunan Sepanjang Pinggir Pantai di Anyer hingga Sumur Segera Ditertibkan

Pemerintah Provinsi Banten akan menata bangunan-bangunan di sepanjang garis pantai mulai dari Anyer Kabupaten Serang hingga Sumur Kabupaten Pandeglang

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Khairul Maarif
Kondisi di Pantai Anyer, Cilegon terpantau lengang di tanggal merah hari ini, Senin (1/6/2021) 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah Provinsi Banten akan menata bangunan-bangunan di sepanjang garis pantai mulai dari Anyer, Kabupaten Serang hingga Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Upaya penataan bangunan itu, menurut Gubernur Banten Wahidin Halim, dilakukan karena pantai itu harus menjadi ruang terbuka milik masyarakat.

"Itu kan garis pantai, sepadan pantai itu 50 meter loh, itu ada bangunan-bangunan pas pinggir pantai. Pantai itu harus menjadi milik publik, akses publik," kata Wahidin kepada wartawan Kompas.com di Sumur, Pandeglang, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Bunuh Penjaga Pantai Anyer, Jejak Pelarian Pelaku Berakhir di Tangan Polisi

Baca juga: Buron Dua Hari, Pelaku Pembunuhan Penjaga Pantai Anyer Ditangkap

Dia mencontohkan, di negara-negara lain pinggir pantai terbuka untuk umum dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menikmati keindahannya.

Namun, sepanjang pantai dari Anyer, Serang hingga Sumur, Pandeglang pinggir pantai banyak bangunan dan ditutupi dengan pagar tinggi oleh pribadi hingga korporasi.

"Masyarakat boleh disitu, nelayan boleh mampir, yang mau duduk boleh disitu, tidak boleh milik pribadi. Kalau kita sampai sini (Sumur) kan dikuasai," ujar Wahidin.

Ditegaskan Wahidin, ke depan pemerintah akan memberikan sosialisasi bahkan tindakan penertiban bilamana ada bangunan tidak memiliki izin.

Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah mengaskses pantai-pantai di Banten. "Harusnya diberikan sosialisasi, dibongkar kalau perlu," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Halangi Akses Publik, Bangunan Sepanjang Pinggir Pantai Anyer hingga Sumur Akan Ditertibkan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved