Breaking News:

Ini Hasil Uji Lab Cairan Merah di Sungai Cisadane

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan mengungkap hasil temuan sampel di Sungai Cisadane.

Editor: Glery Lazuardi
Istimewa/ wartakotalive.com
Sungai Cisadane di kawasan Kavling Serpong, Tangerang Selatan yang mendadak berubah merah. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan mengungkap hasil temuan sampel di Sungai Cisadane.

Berdasarkan hasil temuan itu terungkap, cairan berwarna merah yang dibuang pabrik pengolahan sampah plastik ke Sungai Cisadane tak berbahaya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Tangerang Selatan Budi.

"Pengambilan sampel dilakukan oleh UPTD Laboratorium DLH Kota Tangerang Selatan pada tanggal 3 Oktober 2021, dan Laboratorium Lingkungan Independen PT. Kehatilab Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2021," ungkap Budi kepada Kompas.com (Group TribunBanten.com), pada Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Lomba Berenang di Sungai Cisadane Malam Hari, Manusia Silver Ditemukan Meninggal 2 Hari Kemudian

Pihaknya sudah mengambil sampel air dan cairan limbah di Sungai Cisadane Sampel tersebut kemudian dibawa ke laboratorium untuk memastikan apakah cairan tersebut mengandung zat yang dapat mencemari air di sungai tersebut.

Dari situ, kata Budi, diketahui bahwa cairan berwarna merah yang dibuang oleh pabrik pengolahan sampah plastik beberapa waktu lalu, tak berdampak signifikan terhadap air di Sungai Cisadane.

Sebab, pembuangan cairan limbah berwarna itu hanya dilakukan sesaat oleh pabrik pengolahan sampah plastik yang berada di sempadan sungai tersebut.

"Dapat disimpulkan bahwa pembuangan pewarna sesaat, tidak menimbulkan dampak yang signifikan terhadap air Sungai Cisadane di lokasi kegiatan," pungkasnya.
Fakta terkait viralnya Sungai Cisadane yang berwarna merah diduga berasal dari Bungkus sosis.

Bungkus sosis itu berbentuk seperti kantong plastik.

Melansir Tribun Jakarta, Polres Tangsel turun tangan memeriksa tempat pengolahan sampah plastik yang berada di tepi Sungai Cisadane.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved