Breaking News:

Indonesia Rebut Piala Thomas, Penantian Panjang 19 Tahun Dibayar Lewat Kemenangan Jonatan Christie

Piala Thomas kembali ke Indonesia setelah sembilan belas tahun lalu sempat dipegang tim bulutangkis tanah air.

Editor: Yudhi Maulana A
Yves Lacroix via Kompas.com
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat berhadapan dengan wakil Taiwan Wang Tzu Wei pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10/2021) sore WIB. 

TRIBUNBANTEN.COM - Tim Bulutangkis Indonesia akhirnya membawa pulang Piala Thomas ke pangkuan Ibu Pertiwi, setelah Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menumbangkan wakil China, Li Shi Feng di pertandingan ketiga final Piala Thomas 2020, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). 

Piala Thomas kembali ke Indonesia setelah sembilan belas tahun lalu sempat dipegang tim bulutangkis tanah air.

Kali terakhir tim Indonesia mengangkat trofi Piala Thomas terjadi 19 tahun lalu tepatnya pada edisi 2002.

Tim Indonesia yang kala itu diperkuat Taufik Hidayat sukses menjadi juara setelah melibas rivalnya, Malaysia, dengan skor 3-1 di partai final.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, dipaksa bermain tiga game untuk bisa menumbangkan Li Shi Feng yang berada di peringkat 65 dunia tunggal putra.

Tunggal putra kelahiran Jakarta itu menumbangkan Li Shi Feng dalam tiga gim dengan skor kemenangan 21-14, 18-21, dan 21-14.

Baca juga: Final Piala Thomas 2021: Ginting Bawa Indonesia Ungguli China 1-0 Lewat Rubber Game

Jojo yang berhasil mendikte dan tampil dominan dari Li Shi Feng di game 1, justru tertinggal poin cukup jauh di awal-awal game 2. 

Alih-alih meraih comeback di game 2, Jojo justru dipaksa bermain rubber game setelah tumbang 18-21 dari Li Shi Feng. 

Di game 3, Jojo harus menjalani laga penuh keringat untuk bisa menjinakkan Li Shi Feng. Sempat berebut poin, Jojo tiba-tiba tampil dominan di paruh kedua game 3. 

Saat skor 13-13, Jojo berhasil meraih tujuh poin beruntun dari Li Shi Feng, menjadikan skor 20-13 untuk keunggulannya. 

Hingga akhirnya, Jojo menutup game 3 dengan skor 21-14 atas Li Shi Feng.

Tim Indonesia di Thomas Cup 2021
Tim Indonesia di Thomas Cup 2021 (Instagram @Badminton.ina)

 
Tiga poin kemenangan yang dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto dan Jojo, menyudahi puasa gelar Indonesia di Piala Thomas. Terakhir kali, Indonesia menyabet gelar juara Piala Thomas pada tahun 2002.

Jonatan Christie mengawali game 1 dengan bermain agresif. Smash-smash keras menyilang yang dilepaskan Jojo, membuatnya sukses mencuri 6-0 dengan mudah dari Li Shi Feng. 

Jojo terlihat sangat mendominasi pertandingan. Dia mendikte wakil China peringkat 65 dunia di sektor tunggal putra itu dengan mudah. Li Shi Feng seolah tidak diberi kesempatan, sebab dia sangat kesulitan mencuri poin dari Jojo. 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved