Breaking News:

News

Aturan Terbaru Penerbangan Domestik Jawa-Bali, Penumpang Wajib Bawa Hasil PCR 2x24 Jam

Aturan terbaru terkait perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi Covid-19 yang di mana PPKM pun masih diperpanjang hingga 1 November 2021.

Istimewa
Sebanyak 12 warga negara Srilanka dideportasi pihak imigrasi karena pelanggaran dokumen kesimigrasian melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (10/10/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Aturan terbaru terkait perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi Covid-19 yang di mana PPKM pun masih diperpanjang hingga 1 November 2021.

Melansir Tribunnews, satuan Tugas Penanganan Covid-19, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2021.

Dalam SE tersebut, ada perubahan aturan perjalanan dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Jawa dan Bali serta daerah yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan 3.

"Penumpang pesawat diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan dan kartu vaksin dengan minimal dosis pertama," tulis SE Satgas Nomor 21 Tahun 2021, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Aturan Terbaru Naik Pesawat Perjalanan Domestik Oktober 2021, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Sebelumnya, aturan mengenai perjalanan dengan transportasi udara ini penumpang pesawat yang sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap hanya perlu menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dengan metode Rapid Test Antigen.

Dalam aturan baru ini, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan dari dan ke pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dengan metode RT-PCR.

Sementara itu untuk penumpang moda transportasi laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antar kota dari dan ke daerah wilayah Jawa dan Pulau Bali dengan kategori wilayah PPKM level 3 dan 4 wajib menunjukan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Baca juga: Sosok Yan Bastian Bos Indomaret yang Tewas Kecelakaan di Tol Cipularang, Intip Perjalanan Karirnya

Aturan untuk penumpang moda transportasi darat dan juga sedikit berbeda dengan angkutan udara, yang dimana masih dapat menggunakan hasil tes negatif Covid-19 dengan Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil 1x24 jam.

Kemudian khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu wilayah atau kawasan aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan.

Baca juga: Daftar Kereta Api yang Waktu Tempuh Perjalanannya Lebih Cepat Mulai 24 September 2021

 
Tetapi untuk penumpang pesawat yang melakukan perjalanan di luar wilayah Jawa-Bali atau wilayah dengan kategori PPKM level 1 dan 2 masih diperbolehkan menggunakan hasil tes negatif Covid-19 dengan Rapid Test Antigen dan PCR.

Baca juga: Tangerang Turun ke PPKM Level 2, Wali Kota Arief Imbau Warga Tetap Taat Prokes, Ini Aturan Barunya

Hal tersebut juga berlaku untuk moda transportasi darat, laut dan kereta api yang berada di luar Pulau Jawa dan Bali atau daerah dengan PPKM level 1 dan 2.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul SE Terbaru Satgas Covid-19, Penumpang Pesawat dari dan ke Wilayah Jawa-Bali Wajib PCR

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved