Breaking News:

Virus Corona di Banten

Menilik Alur Pengawasan Penumpang dari Luar Negeri di Bandara, Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Sebagian ahli berpendapat gelombang ketiga penyebaran Covid-19 bakal terjadi di akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

Penulis: Yudhi Maulana A | Editor: Yudhi Maulana A
dokumentasi Ombudsman Banten
Ombudsman Perwakilan Banten melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Sebagian ahli berpendapat gelombang ketiga penyebaran Covid-19 bakal terjadi di akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

Satu diantara pintu masuk penyebaran Covid-19 adalah bandara yang menjadi tempat keluar masuk penumpang baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk mengantisipasinya, penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat dan berlapis harus diterapkan di tiap bandara tanpa terkecuali.

Seperti yang diterapkan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memberlakukan pengawasan berlapis bagi para penumpang yang datang dari luar negeri.

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Banten pun melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal 3 (tiga) Bandara Soetta pada Jumat (22/10/2021).

Tim Ombudsman Banten yang terdiri dari Zainal Muttaqin (Kepala Keasistenanan Pemeriksaan Laporan), Adam Sutisnawinata, dan Ai Siti Hajizah melakukan pemeriksaan penerapan prosedur untuk penumpang pada Kedatangan Internasional. 

Baca juga: Cegah Klaster Covid-19, Pilkades Serentak di Kabupaten Lebak Terapkan Prokes Ketat

“Mencermati perkembangan pandemi serta pemberitaan beberapa waktu terakhir, Ombudsman memandang perlu untuk kembali memastikan seluruh pemangku kepentingan bersama-sama berupaya untuk selalu menjaga dan meningkatkan implementasi penerapan protokol kesehatan, terutama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” Ujar Zainal.

Tim Ombudsman Banten ditemui langsung oleh Komandan Satuan Tugas Udara Penanganan Covid-19 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kolonel Tek Sunu Eko P beserta jajaran.

Sunu menjelaskan alur prosedur yang harus dilalui oleh penumpang internasional setibanya di Bandara.

Setidaknya ada 9 (sembilan) tahapan yang harus dilalui penumpang internasional di sini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved