Breaking News:

Juara Czech Open 2021, Pebulu Tangkis asal Banten Putri KW Kasih Kado Ultah untuk Ayah

Putri Kusuma Wardani, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, meraih gelar juara di ajang Czech Open 2021.

Editor: Glery Lazuardi
Humas PBSI
Pebulu Tangkis Putri asal Banten Putri Kusuma Wardani 

TRIBUNBANTEN.COM - Putri Kusuma Wardani, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, meraih gelar juara di ajang Czech Open 2021.

Raihan gelar juara didapat setelah mengalahkan pebulu tangkis tunggal putri asal Malaysia, Siti Nurshuhaini, dua gim langsung 21-16, 21-5, dalam waktu 31 menit di Czech pada Minggu (24/10/2021).

"Alhamdulillah, saya juara Ceska Open. Ini tentu sangat menyenangkan bisa juara. Apalagi, gelar ini saya raih di negara lain," tutur Putri, dalam keterangannya kepada Badminton Indonesia, pada Senin (25/10/2021).

Baca juga: Pebulu Tangkis asal Banten Putri KW Lolos ke Final Czech Open 2021, Berpeluang Tambah Gelar Juara

Ini merupakan gelar kedua pada tahun ini, setelah sempat menjuarai ajang Spain Masters 2021 pada bulan Mei lalu.

Selain itu, gelar ini sebagai kado ulang tahun kepada ayahnya yang berulang tahun pada 18 Oktober 2021.

"Kemenangan ini tentu juga untuk PBSI, pelatih, dan masyarakat Indonesia yang mendukung saya. Gelar ini juga saya persembahkan untuk kado ulang tahun Papa yang jatuh pada 18 Oktober lalu," ucap Putri.

Meski menang dengan Cepat, Putri mengakui bahwa kemenangan yang diraihnya ini didapat dengan tidak mudah.

"Kalau dilihat dari angka, laga final sepertinya mudah. Tetapi terus terang, saya juga harus berjuang keras. Pada gim pertama, saya memang sempat terbawa pola lawan. Namun setelah itu, saya bisa mengontrol permainan," tutur Putri.

"Dari awal saya bermain nothing to lose. Saya menikmati pertandingan. Hanya karena tubuh lawan lebih kecil, saya bermain untuk menjauhkan shuttlecock jauh dari jangkauannya. Saya selalu membuat lawan harus berlari dan berlari di lapangan," ucap Putri.

"Saya menjaga pola permainan lawan. Saya mampu mengantisipasi kemana shuttlecock akan diarahkan. Saya sebelumnya sempat mempelajari permainan lawan dari rekaman video," aku Putri.

Putri yang belum lama ini tampil pada Uber Cup 2020 itu mengatakan bahwa kemenangan pada Czech Open semakin memotivasinya untuk tampil pada turnamen berikutnya yakni Belgia International Challenge.

"Kemenangan ini semoga makin memotivasi saya untuk bertanding lebih baik lagi pada Belgia IC. Saya ingin terus berprestasi di luar negeri. Kemenangan di Ceska Open ini makin menambah dan jadi bekal semangat saya ke Belgia IC," kata Putri.

"Untuk menjadi juara, saya selalu berjuang keras untuk menang. Saya tidak pernah memandang remeh lawan-lawan. Di Ceska Open ini pun saya juga selalu berjuang habis-habisan."

"Untuk menang memang membutuhkan perjuangan. Ini yang menjadi modal dan motivasi saya setiap turun bertanding. Pengalaman bermain di Sudirman dan Uber kemarin saya dapat pengalaman bermain dari senior-senior yang saya lawan," ucap Putri.

Baca juga: Profil Putri KW: The Next Susy Susanti asal Banten, Debut di Piala Sudirman 2021

Hal yang dipelajari pebulu tangkis berusia 19 tahun itu yakni ketenangan saat ketinggalan ataupun unggul dan cara bermain.

"Jadi di sini saya dari awal tidak berpikir apa-apa. Sebisa mungkin saya main bagus saja di setiap pertandingan," ujar Putri.

Kini, Putri Kusuma Wardani menempati peringkat ke-124 di klasemen pebulu tangkis tunggal putri BWF. Perolehan gelar juara di Czech Open akan membuat peringkatnya naik.

Czech Open 2021 merupakan salah satu turnamen BWF International Series, yakni turnamen bulu tangkis level 4 yang disahkan BWF.

Berdasarkan aturan yang ditetapkan BWF, juara seri International Series seperti Czech Open 2021 akan mendapat tambahan 2.500 poin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved