Breaking News:

Indonesia Bakal Miliki Satelit Terbesar se-Asia pada Pertengahan 2023, Berikut Manfaatnya

Pemerintah akan meluncurkan Satelit Satria-I ke orbit di pertengahan 2023 untuk mendukung upaya telekomunikasi nasional.

Editor: Glery Lazuardi
net
Satelit 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah akan meluncurkan Satelit Satria-I ke orbit di pertengahan 2023 untuk mendukung upaya telekomunikasi nasional.

Satelit Satria-I akan memiliki total kapasitas transmisi 150 Gbps, atau 3 kali lebih besar dari total 9 satelit yang kini digunakan oleh Indonesia.

Peluncuran Satelit Satria-I itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi TIK secara merata di Indonesia.

"Kami harapkan Satelit SATRIA -I akan diluncurkan ke orbit di pertengahan tahun 2023 dan commercial operation bisa dilakukan di kuartal keempat 2023,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, seperti dilansir dari kompas.tv (Group TribunBanten.com) pada Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Waduh! Rumah Penerima Bansos Covid-19 Bakal Dilacak Satelit, Ini Alasannya

Dia menjelaskan, pembangunan Satelit Multifungsi Satelit Republik Indonesia atau SATRIA-I dilakukan dengan Thales Alinea Space.

Selain Satria-1, kini Indonesia sudah memiliki lima satelit yang diproduksi perusahaan asal Prancis itu, termasuk Satelit Telkomsat.

Menurut dia, Satelit SATRIA-I dan Telkomsat tersebut dapat menyediakan bandwidth masing-masing sebesar 150 GBps dan 32 GBps.

"Satelit Telkomsat sebentar lagi akan ditandatangani antara Thales dan Telkomsat. Diharapkan meluncur di orbit pada kuartal pertama tahun 2024,” ujarnya.

Dalam waktu dekat Kementerian Kominfo akan melakukan reviu Proyek Satelit SATRIA-I di Prancis. Desain satelit telah selesai dan proses teknis produksi akan segera dimulai.

"Akan dilakukan project review meeting di Prancis, evaluasi per tahapan pertama dari perkembangan proses produksi Satelit SATRIA-I. Desain reveal-nya sdh selesai dan produksi akan segera dimulai secara teknis,” jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved