Breaking News:

Viral Spanduk Ajakan Lapor Pungli Parkir di Indomaret ke Polisi, Begini Penjelasan Pemkot Bekasi

Viralnya spanduk parkir gratis di Indomaret membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan respon.

Editor: Yudhi Maulana A
Instagram @warungjurnalis
Spanduk Indomaret Soal Ajakan melapor pungli parkir ke polisi - Pemkot Bekasi merespon beredarnya spanduk parkir gratis di Indomaret, spanduk tertuang ajakan melapor ke polisi jika ada oknum meminta pungli 

TRIBUNBANTEN.COM - Viralnya spanduk parkir gratis di Indomaret membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan respon.

Diketahui dalam spanduk tersebut berisi ajakan melapor ke polisi jika ada oknum meminta pungutan liar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi Aan Suhanda dalam keterangannya menjelaskan, parkir merupakan jenis pendapatan asli daerah (PAD).

Baik dalam bentuk retribusi atau pajak yang legal, diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

"Pemerintah Daerah berhak menerima PAD atas parkir tersebut sepanjang sudah menetapkan ketentuan tersebut dalam Peraturan Daerah baik dari sisi objek pajak, subjek pajak maupun tarif," kata Aan.

Pengelolaan parkir di Kota Bekasi mengacu pada aspek legalitas diantaranya, Perda No 11 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Retribusi Parkir dan Terminal.

Baca juga: Eks Kadishub Cilegon Didakwa Kasus Suap Pengelolaan Parkir, Terima Rp 530 Juta dari 2 Perusahaan

Kemudian Perda No 10  Tahun 2020 tentang Pajak Daerah, serta KEPWAL (Keputusan Wali Kota) 974 Tahun 2019 tentang penetapan titik retribusi parkir di bahu jalan di Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi lanjut dia, sudah menetapkan titik-titik pungutan parkir sebanyak 135 titik dan tak ada satupun titik yang menyangkut minimarket terlebih lagi Indomaret.

Dalam praktek pungutan parkir, tentunya dilakukan oleh petugas resmi UPTD LLAJ Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi.

 "Terkait dengan viralnya spanduk tersebut, bahwa pemasangan spanduk belum pernah dikoordinasikan dengan pihak pemda," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved