Breaking News:

Lepas Kontingen ke Peparnas, Wagub Banten Janji Tingkatkan Fasilitas Olahraga untuk Disabilitas

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, memotivasi atlet Banten di Pekan Paralimpiade Nasional XVI di Papua untuk berprestasi.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di acara pelepasan kontingen Banten di Pekan Paralimpiade Nasional XVI di Papua 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, memotivasi atlet Banten di Pekan Paralimpiade Nasional XVI di Papua untuk berprestasi.

Pekan Paralimpiade Nasional XVI di Papua akan berlangsung pada 2-15 November 2021.

Andika mengatakan, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, mengamanatkan pemerintah daerah dan/atau organisasi olahraga penyandang cacat yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, pemerintah daerah dan/atau organisasi olahraga penyandang cacat juga berkewajiban membentuk pusat pembinaan dan pengembangan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas.

"Untuk itu, saya berharap ke depan NPC (National Paralympic Committee) dan Dispora (dinas pemuda dan olahraga) baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar bersinergi untuk pengembangan sarana dan prasarana sesuai standar minimal program latihan," kata Andika, dalam keterangan yang diterima, pada Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Kehilangan Kaki Karena Kecelakaan, Atlet Disabilitas Asal Banten Optimis Raih Emas di Peparnas Papua

Menurut dia, sistem perekrutan atlet juga, harus dilakukan berjenjang baik melalui jalur seleksi terbuka yang boleh diikuti oleh siswa dengan standar minimal latihan.

Dan jalur pemantaun khusus untuk klasifikasi tertentu yang memiliki peluang untuk menjadi juara.

Pendamping psikologi dan ketersediaan sarana transportasi ramah disabilitas, menurut Andika, juga perlu diperhatikan.

Lebih jauh Andika mengaku berterima kasih kepada NPC Provinsi Banten dan NPC Kabupaten/Kota yang telah membantu pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan, program dan kegiatan-kegiatan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga bagi disabilitas.

Di mana hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi atlit dan prestasi keolahragaan daerah menuju prestasi nasional dan internasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved