Breaking News:

"Keceran" Tjimande Didorong Jadi Destinasi Wisata, Berikut Sekelimut Tradisi Para Jawara di Banten

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mendorong tradisi keceran Kesti TTKKDH atau Kesenian Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir menjadi acara nasiona

Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/AHMADTAJUDIN
Atraksi pencak silat memeriahkan acara pelantikan dan rapat kerja nasional (rakernas) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kebudayaan Silat dan Tari Indonesia Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (KESTI TTKKDH?) Pusat 2021. 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mendorong tradisi keceran Kesti TTKKDH atau Kesenian Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir menjadi acara nasional.

"Seharusnya tradisi keceran yang khas TTKKDH ini bisa menjadi event nasional," kata Andika dalam keterangannya, pada Jumat (5/11/2021).

Pernyataan itu disampaikan saat Andika menghadiri peringatan hari lahir atau milad Kesti TTKKDH atau Kesenian Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir ke-69 di Hotel Ratu, Kota Serang, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Lagu Anak Bertema Permainan Tradisional - Ular Naga sampai Ampar-Ampar Pisang, Ini Cara Memainkannya

Tradisi keceran Kesti TTKKDH adalah tradisi ditetesinya mata, hidung dan mulut anggota perguruan Kesti TTKKDH oleh air khusus yang telah diberikan doa-doa oleh para sesepuh perguruan tersebut.

Usai ditetesi air khusus tersebut, anggota perguruan kemudian melakukan ritual rujakan dimana mereka memakan atau meminum khusus yang terdiri dari 7 macam untuk setiap makanan dan minumannya.

Terakhir para anggota perguruan melakukan ritual gembrungan atau saling memijit tangan dan kaki yang sering mereka pergunakan bertarung.

Tidak sampai di situ, ritual keceran ini ditutup dengan aksi pencak silat khas TTKDH yang diiringi alat musik tradisional pencak silat.

Andika mengaku dirinya akan mendorong agar tradisi keceran menjadi event Nasional melalui prakarsa Pemprov Banten.

Di sektor pariwisata, kata Andika, seni bela diri Pencak Silat Banten seperti Kesti TTKKDH harus eksis dalam berbagai atraksi guna menjadikan Banten sebagai destinasi wisata unggulan.

Khususnya sebagai atraksi wisata minat khusus berbasis budaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved