Breaking News:

News

Masih Ingat Kasus Babi Ngepet di Depok? Tersangka Dituntut 3 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Tak Terima

Kasus babi ngepet yang sempat heboh di depok, kini tersangka dinyatakan hukuman penjara tiga tahun

Tribunnews
Ustaz Adam Ibrahim (44) ditetapkan tersangka dan ditahan karena menyebarkan berita bohong atau hoaks atas temuan babi ngepet di Sawangan, Kota Depok. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kasus babi ngepet yang sempat heboh di depok, kini tersangka dinyatakan hukuman penjara tiga tahun.

Melansir Tribunnews, diketahui isu babi ngepet itu hoaks semata, hanya cerita karangan yang telah direncanakan sebelumnya oleh pelaku.

Terkini kasus itu sudah masuk meja hijau, di tahap penuntutan.

Ustaz Adam Ibrahim (44) ditetapkan tersangka dan ditahan karena menyebarkan berita bohong atau hoaks atas temuan babi ngepet di Sawangan, Kota Depok.
Ustaz Adam Ibrahim (44) ditetapkan tersangka dan ditahan karena menyebarkan berita bohong atau hoaks atas temuan babi ngepet di Sawangan, Kota Depok. (Tribunnews)

Terdakwa hoaks babi ngepet di Kota Depok, Adam Ibrahim, dituntut tiga tahun kurungan penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca juga: Petani di Lebak Terluka Usai Diseruduk Babi Hutan, Begini Kronologinya

Menurut JPU, terdakwa terbukti secara sah dan bersalah melakukan pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja.

"Menuntut , satu menyatakan terdakwa Adam Ibrahim telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong," kata Jaksa Putri di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Depok, Cilodong, Selasa (9/11/2021).

"Dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat sebagaimana diatur dan diancam pidana di Pasal 14 Ayat 1 UU Republik Indonesia tahun 1946," timpalnya.

Baca juga: TERBONGKAR! Kasus Babi Ngepet di Depok Diduga Settingan, Babi Dibeli Secara Online

Lanjut Jaksa Putri, pihaknya meminta Majelis Hakim agar menjatuhkan pidana terhadap Adam Ibrahim kurungan tiga tahun penjara.

"Kami Jaksa Penuntut Umum dalam perkara ini menuntut supaya Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Adam Ibrahim oleh karena itu dengan pidana penjara selama tiga tahun," jelasnya.

Baca juga: Kronologi Babi Liar ke Permukiman di Kramatwatu Kabupaten Serang, Acak-acak Toko, Ada Warga Terluka

Tuntutan lebih ringan dari ancaman pidana, yakni 10 tahun.

Menurut jaksa, tuntutan lebih ringan lantaran Adam tulang punggung keluarga.

Dituntut 3 Tahun, Terdakwa Adam Ibrahim Siapkan Pembelaan

Mendengar tuntutan dari JPU, terdakwa Adam Ibrahim dan kuasa hukumnya pun akan mengajukan pembelaaan.

"Kami akan mengajukan nota pembelaaan secara tertulis," kata Kuasa Hukum terdakwa, Edison, di persidangan.

Terakhir, Ketua Majelis Hakim, Iqbal Hutabarat, mengatakan bahwa persidangan akan kembali dilanjutkan pada Selasa (16/11/2021) pekan depan, dengan agenda pledoi nota pembelaaan dari terdakwa dan kuasa hukumnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bikin Gempar Depok, Terdakwa Hoaks Babi Ngepet Dituntut 3 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Keberatan

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved