Breaking News:

Distan Kabupaten Serang Kembangkan Peternakan Domba Melalui RPIK Guna Tingkatkan Nilai Jual

Melalui program RPIK, akan ditanami jagung seluas 16 hektare di Kecamatan Anyer dan Jawilan

dokumentasi Dinas Pertanian Kabupaten Serang
Kelompok Tani Karya Bakti di Desa Mekar Sari, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, melakukan pengembangan peternakan domba dan tanaman jagung. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Kelompok Tani Karya Bakti di Desa Mekar Sari, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, melakukan pengembangan peternakan domba dan tanaman jagung.

Pengembangan itu melalui integrasi peternakan dan pertanian.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK), kerja sama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) dengan Pemkab Serang melalui Dinas Pertanian.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Serang, drh Hindarti, mengatakan peternakan dan pertanian seharusnya menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

"Keduanya bisa terintegrasi dengan baik, seperti pemanfatan biomassa jagung yang dapat diolah menjadi silase untuk pakan domba dan pemanfatan kotorannya yang diolah menjadi pupuk organik," katanya saat di ruang kerjanya, Senin (8/11/2021).

Selain menjadi alternatif dalam mengatasi pencemaran lingkungan oleh limbah peternakan dan pertanian, integrasi ini juga dapat meningkatkan penghasilan petani dan peternak.

"Melalui program RPIK, akan ditanami jagung seluas 16 hektare di Kecamatan Anyar dan Jawilan," ujar perempuan berkerudung tersebut.

Adapun untuk peternakan, yang sedang dibangun adalah empat kandang komunal berkapasitas 200 ekor domba.

Nantinya akan digunakan sebagai tempat perkawinan domba betina lokal dengan jantan unggul, sebagai upaya untuk perbaikan genetik.

Selanjutnya, untuk mendukung ketersediaan green concentrat sebagai sumber protein, Kelompok Tani Karya Tani juga mendapat mesin-mesin pembuat konsentrat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved