Breaking News:

Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemkab Serang Memuaskan, Tingkatkan Pemahaman IKU

ada yang membanggakan secara substansi, bahwa SAKIP Pemkab Serang sudah diberikan nilai BB

dokumentasi Diskominfosatik Kabupaten Serang
Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, memimpin pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) organisasi perangkat daerah (OPD). Entus memimpin pelaksanaan evaluasi di aula KH Syam'un, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, memimpin pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) organisasi perangkat daerah (OPD).

Entus memimpin pelaksanaan evaluasi di aula KH Syam'un, Rabu (10/11/2021).

Evaluasi yang digelar Bagian Organisasi Setda ini dihadiri Asda III Bidang Organisasi, Keuangan, Umum, dan Fasilitas Pimpinan (Faspim) Kabupaten Serang, Ida Nuraida, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rahmat Maulana, dan kepala OPD.

Evaluasi itu karena adanya beberapa catatan evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menurut Entus, catatan itu harus diperbaiki.

Baca juga: Ajak Perangi Masalah Kebodohan dan Kemiskinan, Sekda Kabupaten Serang: Itu Musuh Utama saat ini

"Secara administrasi harus diikuti, tapi ada yang membanggakan secara substansi, bahwa SAKIP Pemkab Serang sudah diberikan nilai BB," ujarnya dikutip dari rilis yang diterima TribunBanten.com, Kamis (11/11/2021).

Nilai itu berarti cukup memuaskan antara akuntabilitas dari penggunaan anggaran dibandingkan dengan yang dihasilkan program OPD.

“Artinya, anggaran itu mencerminkan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Itu yang paling membanggakan kita,” katanya.

Meskipun dari sisi administrasi harus ditingkatkan, pemahaman Indikator Kinerja Utama (IKU) OPD, harus diseleraskan dengan IKU kepala daerah.

Baca juga: KPK Apresiasi Disdukcapil Kabupaten Serang, Jadi Percontohan Anti-Gratifikasi

IKU OPD harus dipahami oleh seluruh pegawai yang ada. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved