Breaking News:

Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November, Berawal Dari Sayembara Menulis Surat Untuk Ibu

Pendeklarasian Hari Ayah Nasional pada saat itu digabung dengan Hari Kesehatan, dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya’

Editor: Yudhi Maulana A
Freepik.com/jigsawstocker
Hari Ayah. 

TRIBUNBANTEN.COM - Hari Ayah Nasional jatuh setiap tanggal 12 November.

Untuk tahun ini Hari Ayah Nasional akan jatuh pada Jumat 12 November 2021.

Dalam sejarahnya, mengutip dari Sahabat Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan pertama kali di Solo tahun 2016.

Ide hari ayah pertama kali muncul dalam acara yang diadakan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang diadakan pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan sayembara menulis surat untuk ibu pada Hari Ibu.

Pertanyaan dari salah satu peserta tentang “Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan hari ayah?” membuat PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah yang akhirnya kajian ini di deklarasi dan ditetapkan pada 12 November.

Pendeklarasian Hari Ayah Nasional pada saat itu digabung dengan Hari Kesehatan, dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya’.

Baca juga: 30 Link Twibbon Hari Ayah Nasional 12 November 2021 & Sejarah Hari Ayah di Indonesia

Saat itu juga diluncurkannya buku ‘Kenangan Untuk Ayah’ yang berisi 100 surat Anak Nusantara yang diseleksi dari sayembara menulis surat untuk ayah.

Hari Ayah Sedunia umumnya dirayakan setiap tanggal 21 Juli.

Di negara lain, hari ayah sudah diperingati sejak abad ke-12. Meski berbeda dalam penetapan tanggal peringatannya, tujuan dari peringatan ini tetap sama.

Seorang ayah memegang peran penting dalam keluarga, seperti memberi nafkah, menjadi tempat berlindung, menjadi panutan untuk anak-anaknya serta menjadi harapan besar di dalam keluarga.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved