Breaking News:

Pemkab Tangerang Janji Bantu Bersihkan Lautan Sampah 70 Ton di Kali Prancis Bekasi

Pemerintah Kabupaten Tangerang akan berusaha membantu membersihkan tumpukan sampah sepanjang 1 Kilometer di Kali Prancis di Dadap, Kecamatan Kosambi.

Editor: Yudhi Maulana A
ISTIMEWA
Aliran Kali Prancis di Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang dipenuhi oleh sampah yang sangat menumpuk, bahkan ada bangkai perahu ikut terseret, Sabtu (13/11/2021). 

TRIUNBANTEN.COM - Pemerintah Kabupaten Tangerang akan berusaha membantu membersihkan tumpukan sampah sepanjang 1 Kilometer di Kali Prancis di Dadap, Kecamatan Kosambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengatakan phaknya akan menerjunkan sejumlah personel dan alat berat untuk membersihkan sampah di Kali Prancis.

 Apalagi, sampah di permukaan kali tersebut telah mencapai sejauh 1 Kilometer.

"Kami telah menurunkan personel, armada truk dan alat berat untuk mengakut sampah saat nanti sudah diangkat ke darat sampahnya," jelas Achmad Taufik, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, tumpukan sampah di Kali Prancis terjadi lantaran banjir rob yang kerap menggenangi wilayah tersebut. Sampah-sampah dari wilayah hulu terbawa ke wilayah Dadap yang merupakan daerah hilir.

"Kalau airnya naik terus saat banjir rob datang, sampah dari hulu terus terdorong ke hilir. Nah Kali Prancis ini hilirnya," ucap Taufik.

Baca juga: Sampah di Kali Prancis Dikirim dari Bogor dan Tangsel Mengular Sampai 1 Km, Beratnya Sampai 70 Ton

Menurut Taufik, Kali Prancis merupakan tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Meski begitu, penanganan sampah di kali yang berada di wilayahnya ini menjadi tanggung jawab bersama pemerintah daerah setempat.

 "Namun kami menyadari, kalau saling menunggu persoalan sampah tidak akan kunjung selesai," akunya.

Sebelumnya, akibat terbawa arus saat hujan, aliran Kali Prancis di Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, dipenuhi lautan sampah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved