Breaking News:

Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November 2021, Simak Peran Penting Hutan untuk Kehidupan

Sejarah Hari Pohon Sedunia, lengkap dengan fakta-fakta tentang pohon atau hutan yang belum banyak diketahui.

Penulis: Vega Dhini | Editor: Vega Dhini
K. Yoganand
Ilustrasi hutan Kalimantan di negara bagian Sabah, Malaysia. 

TRIBUNBANTEN.COM - Sejarah Hari Pohon Sedunia, lengkap dengan fakta-fakta tentang pohon atau hutan yang belum banyak diketahui.

Setiap tahunnya, Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) diperingati pada tanggal 21 November 2021.

Tepat hari ini, Minggu 21 November 2021, dunia memperingati Hari Pohon Sedunia yang pertama kali diselenggarakan di Spanyol.

Lalu, bagaimana sejarah terbentuknya Hari Pohon Sedunia ini?

Baca juga: Jelajahi Pesona Curug Ciporolak di Balik Rimbunnya Hutan Gunung Salak

Baca juga: Fakta Kemunculan Harimau Besar di Hutan Kampung Grobogan, Videonya Sempat Dipertanyakan Warganet

Tujuan dari peringatan Hari Pohon adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya manfaat tanaman bagi kehidupan, terutama untuk melestarikan lingkungan.

Dialsir dari sulawesi.gakkum.menlhk.go.id, Hari Pohon Sedunia digagas Julius Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat, dia gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Morton (1832-1902) dan istrinya, Caroline Joy French, pada 1854 pindah dari Michigan ke Nebraska yang baru terbentuk, yaitu wilayah tanpa pepohonan.

Dia berusaha mendorong warga untuk menanam pohon untuk melestarikan lingkungan, dan memperindah wilayah pemukiman tempatnya tinggal. Pada 10 April 1872, ia mengusulkan untuk menyisihkan satu hari untuk menanam pohon.

St James Park adalah taman seluas 23 hektar yang berada di sisi kiri Istana Buckingham. Taman ini juga meliputi danau yang membentang dengan angsa, pelikan dan berbagai burung lainnya yang beterbangan dan bermain di atasnya. Pengunjung juga bisa melihat tupai berlarian dan memanjat pohon. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai duduk-duduk di bangku taman, makan siang, hingga piknik di atas rumput.
St James Park adalah taman seluas 23 hektar yang berada di sisi kiri Istana Buckingham. Taman ini juga meliputi danau yang membentang dengan angsa, pelikan dan berbagai burung lainnya yang beterbangan dan bermain di atasnya. Pengunjung juga bisa melihat tupai berlarian dan memanjat pohon. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai duduk-duduk di bangku taman, makan siang, hingga piknik di atas rumput. ((KOMPAS.com/Caroline Damanik))

Kemudian disepakati Hari Pohon Sedunia diperingati setiap 21 November. Perayaan Hari Pohon pertama diselenggarakan di Spanyol. Pada saat memperingatinya, banyak pihak melakukan gerakan penanaman pohon. Dunia menyebutnya sebagai arbor day. Arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

Pada peringatan Hari Pohon, kita diingatkan agar terus menjaga kelestarian pohon dan hutan demi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved