Breaking News:

Gerak Cepat Tangani Masalah Warga Miskin, Dinsos Kabupaten Serang Terapkan Puskesos SLRT

program Puskesos SLRT ini Juga turut mensinergikan pelayanan sosial antar kelompok masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
Dok. Dinsos Kabupaten Serang
Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kabupaten Serang 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) kabupaten Serang diharapkan menjadi salah satu bentuk inovasi terhadap percepatan pelayanan publik dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.  

Pembentukan Puskesos SLRT telah tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial nomor 15 tahun 2018 tentang sistem layanan dan rujukan terpadu untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu. 

"Program ini yakni merupakan Program kementerian Sosial yang sudah ada dari tahun 2018," kata Kasie Rehsos Anak dan Lansia Dinas Sosial Kabupaten Serang Siti Aminah, Senin (22/11/2021). 

Ia pun menuturkan bahwa program ini memiliki fungsi untuk mewujudkan kesejahteraan sosial, memecahkan permasalahan sosial, dan mendekatkan pelayanan sosial kepada masyarakat.

Lebih jauh Siti menjelaskan, program Puskesos SLRT ini Juga turut mensinergikan pelayanan sosial antar kelompok masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Baca juga: Dinsos Kabupaten Serang Mulai Data Jumlah Anak Yatim-Piatu Calon Penerima Bantuan Pandemi Corona

Selain itu, pelayanan kesejahteraan sosial untuk pengaduan masalah sosial dan mencari pemecahan masalahnya sehingga bisa mempercepat proses untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi masalah yang selama ini selalu ada di masyarakat perlahan dapat terselesaikan dan mendapat jawaban melalui progran SLRT ini," ujarnya. 

Dan untuk praktiknya, Siti menuturkan bahwa di Dinas Sosial Kabupaten Serang membuka front office SLRT KULE BANGKIT.

Selain itu, ada pula Back office-nya yang terhubung dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Serang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved