Breaking News:

Kades yang Bersengketa di Pilkades Tetap dilantik, Bupati Serang: Silahkan Ke Pengadilan

Pemerintah Kabupaten Serang melantik 144 calon kades terpilih di Kabupaten Serang periode 2021-2027 pada Senin (22/11/2021) di Pendopo Bupati Serang

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah melakukan pelantikan terhadap 144 calon kades terpilih di Kabupaten Serang periode 2021-2027 pada Senin (22/11/2021) di halaman Pendopo Bupati Serang. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah melantik 144 calon kades terpilih di Kabupaten Serang periode 2021-2027 pada Senin (22/11/2021) di halaman Pendopo Bupati Serang.

Sebelumnya, ada 13 desa yang ikut dalam Pilkades Serentak pada 31 Oktober 2021 yang bersengketa.

"Untuk yang masih bersengketa dan mereka membawa ke pengadilan itu silahkan dan nanti hasil pengadilan seperti apa kita ikuti," kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah usai melantik calon kades terpilih, Senin.

Ia pun mengatakan dengan adanya pelantikan kades terpilih, tidak menutup pihaknya yang mengajukan sengketa Pilkades untuk ke proses ke pengadilan.

Dan Pemkab Serang tetap akan mengikuti prosedur yang ada serta keputusan pengadilan.

"Jadi pelantikan ini tidak menutup jalur untuk ke pengadilan,” katanya.

Baca juga: Peserta Pilkades dari 5 Desa di Pandeglang Gugat Hasil Perolehan Suara, DPMPD Buat Syarat Ini

Menurutnya mereka masih punya hak jadi nanti kita ikuti apa yang menjadi keputusan pengadilan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengatakan terkait adanya calon kades yang mengajukan sengketa Pilkades dipersilahkan untuk tetap melanjutkan prosesnya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Silakan ajukan ke PTUN," katanya saat di lokasi, Senin.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah melakukan pelantikan terhadap 144 calon kades terpilih di Kabupaten Serang periode 2021-2027 pada Senin (22/11/2021) di halaman Pendopo Bupati Serang.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah melakukan pelantikan terhadap 144 calon kades terpilih di Kabupaten Serang periode 2021-2027 pada Senin (22/11/2021) di halaman Pendopo Bupati Serang. (TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Dan hal tersebut, kata dia, tidak dapat menghalangi proses pelantikan yang berlangsung hari ini.

Baca juga: Perjuangan Distribusikan Logistik Pilkades ke Pelosok Serang, Lewati Jalan Lumpur dan Sebrangi Pulau

"Nanti tergantung dari hasil PTUN, kalau pemerintah daerah kalah berarti nanti di desa yang diajukan yang kalah itu biasanya hakim meminta untuk segera memberhentikan kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Dan nanti selanjutkan akan dikeluarkan SK Bupati mengenai Pemberhentian kepada yang bersangkutan kalau nanti menang di PTUN.

"Jadi kalau sekarang mereka demo-demo ingin membatalkan pilkades dan kita tidak boleh melantik sama saja dengan mereka tidak bisa menggugat ke PTUN," katanya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved