Breaking News:

Inmendagri PPKM Terbaru Khusus Nataru Terbit, Begini Aturan Lengkapnya

Pemerintah sudah menetapkan kebijakan meniadakan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Khairul Ma'arif
Suasana parkiran dermaga reguler Pelabuhan Merak, Cilegon yang dipenuhi para peziarah makam Syekh Djamaludin terletak di dalam kawasan Pelabuhan Merak Jalan Raya Merak, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah sudah menetapkan kebijakan meniadakan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Penetapan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Inmendagri tersebut berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

Pemerintah dan Satgas Covid-19 akan mensosialisasikan peniadaan mudik nataru tersebut kepada masyarakat.

Termasuk kepada pekerja migran Indonesia (PMI) yang biasanya memanfaatkan momen Nataru untuk pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Wilayah Banten Terapkan PPKM Level 3 saat Nataru, Gubernur Wahidin Sebut Tak Ada Penutupan Jalan

Selain itu, pemerintah mengimbau agar masyarakat untuk tidak bepergian, tidak pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer/tidak penting/tidak mendesak.

Dalam Inmendagri disebutkan, jika masyarakat karena suatu hal yang primer harus melakukan perjalanan keluar daerah, maka:

1. mengoptimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi;

2. melakukan tes PCR atau rapid test dengan menyesuaikan pengaturan moda transportasi yang digunakan pada saat pergi keluar daerah dan masuk/pulang dari luar daerah, hal ini untuk memastikan pelaku perjalanan negatif COVID-19; dan

3. dalam hal ditemukan pelaku perjalanan sebagaimana dimaksud pada angka 2 yang positif COVID-19, maka melakukan karantina mandiri atau karantina pada tempat yang telah disiapkan pemerintah untuk mencegah adanya penularan dengan waktu karantina sesuai prosedur kesehatan

Baca juga: Aturan Terbaru PPKM Level 3 saat Nataru, Berlaku Mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022

Satgas juga akan melaksanakan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di 3 tempat, yaitu gereja/tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah pada saat perayaan Natal Tahun 2021, tempat perbelanjaan, dan tempat wisata lokal, dengan memberlakukan kebijakan sesuai pada Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Pemerintah juga melarang cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan karyawan swasta selama periode libur Nataru.

"Imbauan kepada pekerja/buruh untuk menunda pengambilan cuti setelah periode libur Nataru," kata Mendagri Tito Karnavian seperti dikutip dari laman resmi setkab.go.id, Rabu (24/11/2021).

Selama 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, kegiatan seni budaya dan olahraga ditiadakan. Alun-alun yang biasanya menjadi titik keramaian saat malam tahun baru, akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022.

Tulisan ini sudah tayang di kompas.tv berjudul PPKM Level 3 Saat Nataru, Mudik Dilarang hingga Imbauan Tunda Cuti Pekerja Migran

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved