Breaking News:

Kapal Kargo Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu akibat Cuaca Buruk, Belasan Orang Dievakuasi

Satu unit kapal kargo KM Sumber Cahaya bocor kemudian tenggelam di perairan Kepulauan Seribu Selasa (23/11) pukul 23.00 WIB.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Satu unit kapal kargo KM Sumber Cahaya bocor kemudian tenggelam di perairan Kepulauan Seribu Selasa (23/11) pukul 23.00 WIB. 

TRIBUNBANTEN.COM - Satu unit kapal kargo KM Sumber Cahaya bocor kemudian tenggelam di perairan Kepulauan Seribu Selasa (23/11) pukul 23.00 WIB.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima TribunBanten.com, KM Sumber Cahaya itu berlayar dari Kepulauan Natuna menuju Merak di Kota Cilegon, Banten.

Insiden tenggelamnya KM Sumber Cahaya itu diduga karena cuaca buruk.

Baca juga: 7 Hari Hilang, Tim SAR Hentikan Operasi Pencarian Korban Tenggelam di Pantai Ciantir Sawarna

Semula, Basarnas Command Center menerima sinyal distress alert atau sinyal tanda bahaya dari Kepulauan Seribu, saat dikonfirmasi, sinyal itu berasal dari KM Sumber Cahaya.

Informasi itu kemudian diteruskan ke Basarnas Banten untuk melakukan evakuasi Anak Buah Kapal (ABK).

"Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten terima info dari Basarnas Command Center mengenai Sinyal distress alert di Perairan kepulauan Seribu," kata Kepala Basarnas Banten Adil Triyanto, Rabu (24/11).

Adapun, 15 awak kapal termasuk kapten sudah terlebih dulu diselamatkan oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa ke Etrolium Axcesior atau tempat pengeboran minyak lepas laut.

Untuk melakukan evakuasi, pihak Basarnas Banten memberangkatkan kapal KN SAR Tetuka pukul 09.53 WIB untuk mengevakuasi para ABK dari lokasi pengeboran minyak lepas laut.

Rim SAR yang beranggotakan 8 orang sampai ke lokasi sekitar pukul 12.24 WIB.

Korban di evakuasi oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa ke Etrolium Axcesior.

Kantor SAR Banten memberangkatkan 1 Unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi pada crew Kapal Sumber Cahaya.

Baca juga: Pria Asal Cianjur Tewas Tenggelam di Pantai saat Rayakan Ultah Istri, Sempat Diperingatkan Warga

"Kantor SAR Banten memberangkatkan 1 Unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi pada Crew Kapal Sumber Cahaya dengan 15 orang Penumpang pada pukul 09.53 WIB," ujarnya.

Selanjutnya, para ABK dibawa ke Dermaga Pantai Mutiara, Jakarta Utara, untuk diperiksa kesehatannya oleh tim medis dan ditindak lanjuti oleh pihak yang berwenang.

Lalu, personil langsung mengevakuasi awak dan tiba di Pantai Mutiara Jakarta sekitar pukul 16.39 WIB.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved